Tahukah Kamu Beberapa Waktu Mandi Terburuk?

Waktu Mandi Buruk Bagi Tubuh - Perkara mandi memang terlihat sepele, tetapi kebiasaan mandi di jam yang tidak sesuai dengan siklus tubuh akan membawa dampak buruk di waktu mendatang jika kita terus melakukannya. Maka, ada baiknya kamu mengusahakan mandi pada waktu yang tepat agar tidak hanya bersih, tetapu juga membawa dampak baik bagi tubuh.

Semua orang Indonesia mungkin setuju kalau semakin sering kita mandi, maka semakin bersih pula tubuh. Dan proses mandi dengan sabun dapat membunuh kuman. Nyatanya, kebiasaan mandi di empat waktu berikut ini dapat sebabkan berbagai gangguan kesehatan hingga mati mendadak. Berikut ulasannya:

Waktu Waktu yang Buruk Bila Dipakai Mandi
Waktu Waktu yang Buruk Bila Dipakai Mandi

1. Sudah lewat jam 3 sore, jangan dulu pergi ke kamar mandi.

Waktu yang tidak diperbolehkan untuk mandi adalah setelah jam 15.00. Lebih tepatnya sih selama 30 menit setelah jam tiga sore, berarti sampai pukul 15.30. Nah, di waktu-waktu ini biasanya orang-orang sering sekali mandi. Alasannya karena telah melakukan aktivitas seharian seperti sekolah ataupun kerja.

Padahal, ketika jam sudah menunjukkan lewat tiga sore, sangat tidak dianjurkan untuk mandi lantaran ada penyebabnya, yaitu kondisi darah di jam-jam tersebut sedang dalam keadaan panas. Sehingga mandi pada waktu itu akan mengakibatkan rasa lelah yang berkepanjangan, terutama ketika mandi dengan menggunakan air dingin. Kemudian jantung akan berdebar lebih cepat dan dapat membuat kinerjanya menjadi semakin melemah. Jika sudah begitu, risiko kematian mendadak bisa sewaktu-waktu muncul. Kalau memiliki riwayat jantung harus diperhatikan ya.

2. Mandi pukul 18.00 sampai 19.00 haram hukumya. 

Pada rentang waktu ini, kondisi jantung sedang melemah. Karenanya, kalo kamu mandi pada jam-jam ini, tubuh bisa kaget dan justru berdampak buruk buat kesehatan hingga mat mendadak. Selain itu, mandi pada waktu ini dapat meningkatkan terjadinya resiko penyakit paru-paru basah. Wah, serem ya!

3. Tinggalkan kebiasaan mandi setelah isya' hingga pukul 12 malam

Alasannya dikarenakan setelah Shalat isya, ini saatnya jantung jantung udah mulai beristirahat. Mandi pada saat itu akan menyebabkan terjadinya kerusakan jantung.
Bahkan, mandi pada rentang waktu ini juga menjadi salah satu penyebab utama penyakit reumatik. Jadi, mandi sesudah jam 19.00 hingga tengah malam memang nggak disarankan.

4. Bangun tidur, jangan buru-buru mandi

Setelah bangun kondisi jantungmu masih dalam masa penyesuaian untuk bekerja optimal. Karena itu, sebaiknya kamu berjalan-jalan dulu sebelum akhirnya memutuskan untuk mandi. Tapi jangan sampai kamu akhirnya jadi lupa karena mandi di jam pagi sangat disarankan.

Badanmu akan bekerja lebih optimal dengan mandi dan otakmu pun akan merasakan hal yang sama. Selain itu, air pada saat pagi hari mengandung kandungan ozon yang cukup banyak sehingga baik untuk tubuhmu. Selain mandi di pagi hari, mandi pada waktu sore hingga sebelum ashar juga merupakan waktu yang tepat, lho! Mandi pada waktu ini akan mampu meningkatkan kekebalan tubuhmu, jadi kamu tidak perlu takut untuk terserang penyakit.

Nah, itulah beberapa waktu 'haram' untuk mandi. Menyegerakan mandi memang sangat disarankan. Jika selama ini kita sering mandi pada jam yang tidak dianjurkan, maka lebih baik kita mengganti pola mandi sebelum terlambat. Bukankah mencegah lebih baik dari mengobati? Apa lagi mandi adalah hal wajib yang tidak berat untuk dilakukan. Sekian, semoga bermanfaat.