5 Trik Sakti Rajin Minum Air Putih, Mudah Banget

Tips Agar Rajin Minum Air Putih - Orang sering kali lupa menjaga tubuh senantiasa sehat dan bugar. Rutinitas kerja yang tak bisa ditunda menjadi salah satu penyebab kurang minum air putih.

Idealnya, manusia minum dua liter air atau delapan gelas air setiap hari. Hal ini dipicu oleh rata-rata pengeluaran urine orang dewasa sekitar 1,5 liter per hari. Air juga keluar melalui pernapasan, keringat, dan pergerakan usus. Adapun makanan hanya menyumbang 20 persen dari jumlah total yang diperlukan tubuh. Jadi air yang kamu minum itu akan menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Tapi bagi banyak orang, mencukupi kebutuhan cairan tubuh untuk seharian menjadi sebuah tantangan tersendiri. Mungkin kamu jarang bangkit dari meja kantor karena tenggelam oleh kesibukan. Atau mungkin, kamu tidak suka dengan rasa air putih yang hambar membosankan. Padahal, air putih mendatangkan seribu satu kebaikan berbeda untuk tubuh, termasuk melancarkan pencernaan dan memberikan tampilan kulit yang bersih, mulus, dan kenyal. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar rajin minum air putih:

Trik Sakti Agar Rajin Minum Air Putih
Trik Sakti Agar Rajin Minum Air Putih

1.  Taruh segelas air di meja tidur

Triknya, tuang air dalam segelas besar sebelum kamu beranjak tidur dan taruh di meja kamar atau dekat kamu menaruh handphone. Dan begitu terbangun oleh suara alarm, kamu bisa segera meneguk air sambil cek timeline Facebook. Tidak percaya trik ini ampuh? Coba dulu lakukan ini selama empat hari, dan kamu akan mulai menyadari bahwa tangan kamu mulai otomatis meraih gelas setelahnya.

2. . Simpan botol minum di dekatmu

Akan lebih mudah untuk mengingat agar banyak minum air putih jika sumber airnya dekat. Ketika kamu terjebak oleh tumpukan pekerjaan di kantor, barang berjalan sepuluh meter ke pantry belakang untuk isi gelas seperti ribuan kilometer jauhnya. Begitu sampai kantor pagi-pagi, isi botol air besar hingga penuh dan taruh di atas meja, di depan mata, sehingga kamu bisa dengan mudah melihat dan meraihnya.

3. Coba deh, biasakan minum sebelum makan

Selain mendorong kita rajin meminum air putih, kebiasaan minum sebelum makan juga dapat membuatmu lebih kurus loh!  kamu yang ingin menurunkan berat badan bisa mencoba cara mudah ini. Sebuah studi dalam jurnal Obesity menguraikan minum air sekitar 500 setengah liter, 30 menit sebelum makan terbukti dapat membantu seseorang menurunkan berat badan.

Kebiasaan minum air putih sebelum makan ini sangat bagus dikombinasikan dengan peningkatan aktivitas fisik dan diet makanan sehat. Jika hal ini dilakukan maka akan menghasilkan penurunan berat badan yang lebih tinggi lagi.

4. Tambahkan perasa yang sehat

Jika segala cara sudah dicoba tapi kamu tetap malas minum air putih karena rasanya yang hambar, kenapa tidak tambahkan saja beberapa irisan buah segar untuk sedikit memberikan “tendangan” rasa. Ya, mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan yang namanya infused water. Dan selain menambah asupan cairan tubuh, infused water juga memberikan kamu asupan gizi dan nutrisi dari buah-buahan yang kamu gunakan. Sekali dayung, dua tiga pulau terlewati, bukan?

Tambahkan sedikit kegembiraan dalam air putih kamu dengan mencelupkan irisan buah segar (jeruk, stroberi, lemon, kiwi, semangka), rempah (basil, mint, lavender, jahe), atau sayuran (mentimun, seledri). Yang lebih menyenangkannya lagi, kamu bisa berkreasi menciptakan resep favorit kamu sendiri. Untuk lebih meningkatkan rasanya, simpan infused water kamu di dalam kulkas selama beberapa jam sebelum menenggaknya.

5. Last but not least, biasakan mengurangi asupan kafein

Kopi dan soda memiliki efek diuretik yang menyebabkan peminumnya sering buang air kecil. Akibatnya, cairan terkuras dari tubuh. Bila masih ingin meminum kopi atau soda, barengi dengan meminum satu gelas air putih.

Nah, itulah 5 trik mudah agar kamu rajin minum air putih. Minumlah air putih secukupnya, artinya tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Terkait dengan berbagai macam dampak fatal yang terjadi pada para perlari maraton akibat terlalu banyak minum air putih, International Marathon Medical Directors Association (IMMDA) menyarankan agar kita mengkonsumsi air minum hanya pada saat kita merasa haus dan dahaga.

Konsumsilah air minum secukupnya atau tidak berlebihan, yaitu tidak lebih dari 0.03 liter per kg berat badan kita. Jadi, misalnya seseorang memiliki berat badan seberat 50 kg, maka konsumsi air minum yang diperbolehkan untuk orang tersebut adalah tidak lebih dari 1.5 liter per hari. Rekomendasi ini menjadi sangat logis, karena berat badan seseorang tentunya berpengaruh juga dengan jumlah kebutuhan air yang harus diminumnya perhari. Orang yang lebih gemuk (berat badan lebih besar) tentunya membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyak, jika dibandingkan dengan orang yang kurus.