7 Bahaya Tidur Dengan Kipas Angin Menyala Bagi Kesehatan

7 Bahaya Tidur dengan Kipas Angin Menyala - Berada di garis khatulistiwa membuat iklim Indonesia hangat dengan matahari yang bersinar terik. Hanya ada dua musim yang menghampiri seluruh wilayah Indonesia, kemarau dan penghujan. Saat musim kemarau dan cuaca sedang panas sepanjang hari, sebagian manusia akan terganggu tidurnya karena merasa gerah.

Di luar problem perubahan iklim yang menyebabkan peningkatan suhu, menggunakan kipas angin saat tidur guna menghalau gerah jamak dipraktikkan di berbagai belahan dunia. Kipas angin sekaligus menjadi solusi hemat bagi mereka yang tak mampu memasang AC yang membutuhkan sumber daya listrik lebih tinggi.

7 Bahaya Tidur Dengan Kipas Angin Menyala Bagi Kesehatan
7 Bahaya Tidur Dengan Kipas Angin Menyala Bagi Kesehatan
Tapi apakah kebiasaan tidur dengan pancaran kipas angin di musim panas punya dampak kesehatan bagi tubuh? Mari simak ulasannya.

1. Matikan kipas anginmu kalau enggak pengen kena asma

Bagi kamu yang sudah memiliki penyakit asma atau mudah terkena alergi debu, kipas angin adalah benda yang wajib kamu jauhi. Kipas angin yang menyala biasanya akan menyedot debu di sekitar ruangan. Kalau kipas angin tak rutin dibersihkan, maka jangan heran kalau tenggorokanmu jadi gatal, batuk, dan mengalami gejala asma.
Penyakit Asma

2. Kipas angin sebabkan kurang oksigen?

Hal ini terjadi jika kita terus-menerus menghadapkan kipas tepat ke wajah. Angin yang dihembuskan kipas tidak sepenuhnya oksigen atau bahkan juga ada gas karbon dioksida. Jika angin terus di hadapkan ke wajah  maka kita akan kesulitan mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, bahkan udara yang kita hembuskan dari hidung bisa kembali lagi kembali dan berkutat di sekitar wajah. Akibatnya sirkulasi udara di sekitar wajah kita tidak baik.Ini terjadi jika kita terus-menerus menghadapkan kipas tepat ke wajah.
Menyebabkan Kekurangan Oksigen
Angin yang dihembuskan kipas tidak sepenuhnya oksigen atau bahkan juga ada gas karbon dioksida. Jika angin terus di hadapkan ke wajah  maka kita akan kesulitan mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, bahkan udara yang kita hembuskan dari hidung bisa kembali lagi kembali dan berkutat di sekitar wajah. Akibatnya sirkulasi udara di sekitar wajah kita tidak baik.

3. Otot kaku akibat kipas anginmu menyala semalaman

Otot kaku dan nyeri juga akan dirasakan jika mendapatkan hembusan angin dari kipas terlalu lama. Suhu yang dingin akan menurunkan produksi cairan lubrikasi yang berfungsi untuk menguatkan otot dan persendian kita. Maka tidak heran jika kita tidur dengan kipas angin, maka saat bangun tubuh kita terasa nyeri
Otot Kaku dan Pegal Pegal

4. Kipas angin bisa membuatmu gampang sakit loh! 

Kondisi tubuh yang gampang sakit adalah efek dari metabolisme tubuh yang tidak berjalan dengan baik. Dampak ini di rasakan jika kita tidak berhasil mengeluarkan keringat dalam tubuh yang membuat sel-sel imun lebih aktif. Oleh karena itu melambatnya aktivitas sel-isel mun, akan membuat tubuh kita mudah sekali terserang penyakit. Apalagi jika saat kita tidur kita mengirup udara yang mengandung virus penyakit, tentu potensi kita menderita sakit akan semakin besar.

5. Tidur dengan kipas angin menyala bisa sebabkan mati mendadak!

Penggunaan kipas angin bisa membuat seseorang kekurangan oksigen, sesak nafas, bahkan menyebabkan kematian secara tiba-tiba. Hal ini dikarenakan udara yang sama terhirup terus menerus di dalam ruangan dengan jendela dan ventilasi tertutup, itu sama saja menghirup hasil pernapasanya sendiri. Kekurangan oksigen dan gas yang dihirup terus menerus tanpa sirkulasi akan menyebabkan lemas dan sesak napas, dan bisa memicu kematian akibat gagal fungsi pernapasan.

6. Bangun pagi kulitmu kering dan bersisik? Ini sebabnya

Masalah kulit tidak hanya terjadi karena terkena sengatan sinar matahari saja. Kondisi ruangan yang terlampau dingin juga berdampak buruk bagi kesehatan kulit, seperti bahaya AC. Saat terlalu lama menggunakan kipas angin, efek kekurangan air akan terjadi pada tubuh, termasuk kulit. Kulit kita sejatinya sangat membutuhkan kandungan air dalam darah yang mengalir di sekitar kulit.

7. Pernah denger penyakit Bell Palsy

Masih ingat dengan penyakit yang pernah dialami Samuel Zylgwyn 8 tahun lalu?
Bell Palsy adalah penyakit dimana sistem syaraf wajah berubah menjadi tegang, sulit senyum, dan susah berekspresi. Hal ini diakibatkan suhu dingin yang fokus menerpa bagian wajah secara terus menerus sepanjang malam. Nah, kalau wajahmu terlalu lama terpapar udara dingin dari kipas angin, bisa saja kamu mengalami penyakit syaraf ini

Itulah 7 dampak negatif tidur dengan kipas angin menyala. Dunia mencatat dalam waktu 2 tahun ada sedikitnya 20 kasus kematian akibat menggunakan kipas angin listrik terlalu lama. Meski medis menganggap ada faktor lainnya, namun tidak di pungkiri bahwa penggunaan kipas yang terlalu lama juga bisa mengundang kematian. Berkaca pada kepercayaan orang korea, kita bisa mengambil prinsip antisipasi dari masyarakat korea dalam mencegah kematian yang disebabkan oleh kipas angin.