3 Waktu Ini Kamu Tidak Boleh Minum Kopi Jika Mau Sehat

3 Waktu Terlarang Minum Kopi - Kamu penggemar kopi? Jam berapa Kamu biasanya minum kopi? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa waktu efektif minum kopi bukanlah di pagi hari. Apabila Kamu suka minum kopi pada pagi hari, fakta ini akan membuat Kamu merubah kebiasaan jam Minum Kopi.

"Kebanyakan orang meminum cangkir kopi pertama mereka di pagi hari, tepatnya antara jam 8-9 pagi. Padahal di waktu tersebut hormon stres cenderung meningkat dan suntikan kafein yang ada justru akan membuatmu jadi lebih stres. Masalah lainnya yang timbul jika me minum kopi di jam tersebut adalah kamu jadi cenderung membutuhkan lebih banyak kafein untuk menekan stres yang muncul tadi."

3 Waktu Terlarang Untuk Minum Kopi
3 Waktu Terlarang Untuk Minum Kopi
Tak hanya memperhatikan jenis kopi yang  diminum, kamu pun wajib memperhatikan waktu yang tepat untuk minum kopi. Sebab, menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, sebagian besar orang saat ini minum kopi di waktu yang salah. Berikut beberapa waktu terlarang untuk minum kopi. Mari simak baik-baik.

1. Jangan minum kopi saat jam delapan hingga sembilan pagi!

Dilansir Care2.com, sebenarnya kopi tidak disarankan diminum di antara jam 8-9 pagi. Penelitian yang hasilnya diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menyebutkan bahwa pada jam 8-9 pagi, tubuh sedang memproduksi hormon kortisol. Hormon ini bermanfaat untuk meningkatkan energi pada tubuh secara alami.

Apabila Kamu mengonsumsi kafein, maka kafein tersebut akan meningkatkan produksi hormon kortisol. Sayangnya, bukan energi tambahan yang akan Kamu dapatkan, melainkan peningkatan hormon kortisol akan menyebabkan kecemasan dan tidak tenang. Alhasil, menjelang jam makan siang Kamu akan merasa sangat lelah akibat memforsir energi dan berusaha keras mengatasi kecemasan di tubuh.

2. Stop minum kopi setelah kamu selesai makan.

Minum kopi setelah makan memang bisa memberikan kenikmatan tersendiri. Sayangnya, jika kita melakukannya setelah mengkonsumsi makanan berlemak, maka hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Fakta ini terungkap dari hasil penelitian yang dilakukan di University of Guelph. Marie-Soleil Beaudoin bersama dengan Lindsay Robinson dan Terry Graham yang melakukan penelitian ini menyebutkan bahwa kombinasi lemak dan kafein yang ada dalam kopi ternyata bisa menaikkan kadar gula dalam darah hingga 2 kali lipat sehingga jika kita kerap melakukannya, dikhawatirkan bisa meningkatkan resiko terkena diabetes.

3. Hapuskan rutinitas ngopi sebelum tidur 

Sebuah penelitian di University of Colorado Boulder menunjukkan, mengonsumsi kopi di dekat jam tidur, tidak hanya dapat mengganggu kualitas tidur. Namun, hal ini bisa merusak kesehatan psikologi seseorang. "Hal ini dapat terjadi, karena terganggunya jam biologis tubuh, yang memengaruhi kesehatannya," ujar sang peneliti.

Dilansir dari laman Fox News, gangguan pada jam biologis tubuh, bisa berdampak pada sel-sel yang ada di dalam tubuh kita. "Gangguannya bisa menyerang sel lemak, sel otot, dan sela lain dalam tubuh yang berpotensi menyebabkan banyak gangguan kesehatan, seperti obesitas hingga kanker," ujarnya lagi.

Para peneliti kini sedang mencoba memetakan berapa lama jarak waktu terbaik untuk mengonsumsi kafein sebelum tidur. Perkiraannya berada di antara lima sampai enam jam sebelum tidur. Namun, untuk kualitas tidur yang baik, upayakan untuk tidak mengonsumsi kopi terlalu banyak di malam hari
Nah, itulah beberapa waktu terlarang untuk minum kopi. Mengapa kita harus minum kopi di waktu yang tepat? Tentu agar Kamu dapat merasakan manfaat secara maksimal. Jika Kamu minum kopi di waktu yang salah, manfaat kopi yang Kamu sudah banyak ketahui tersebut, tidak akan Kamu dapatkan. Sangat disayangkan apabila terjadi demikian.