8 Manfaat Popcorn ini Kamu Pasti Tidak Tau

8 Manfaat Popcorn - Popcorn merupakan salah satu makanan ringan yang disukai banyak orang. Rasanya yang ngangenin dan renyah membuat makanan satu ini menjadi camilan wajib saat nonton bareng gebetan. Namun, popcorn sering di cap buruk oleh banyak orang. Padahal sebenarnya popcorn memiliki segudang manfaat untuk tubuhmu loh!

Popcorn dibuat dari jagung khusus yang akan mengembang saar terkena panas. Tentunya jagung ini memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi tubuhmu. Dalam 100 gram popcorn tawar mengandung vitamin B1, B3, B6, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, dan mangan. Popcorn tawar sebenarnya hanya mengandung 1 gr lemak dan 3 gr protein per porsi. Namun, ini tentu akan berbeda jika popcorn dibuat dengan minyak atau mentega. Selain itu, popcorn juga mengandung serat yang cukup tinggi. Berikut ulasannya:


8 Manfaat Popcorn ini, kamu pasti tidak tau


1. Popcorn bisa memperkokoh jaringan tulangmu loh!
Jagung sebagai bahan dasar popcorn mengandung nutrisi antara lain magnesium, besi, tembaga, dan fosfor. Berbagai nutrisi tersebut dapat menutrisi tulang untuk lebih kuat dan kokoh. Jagung dapat meminimalkan resiko terkena osteoporosis.

2. Meningkatkan kesehatan organ pencernaan
Serat yang terkandung dalam popcorn cukup tinggi dan serat tersebut membantu proses pencernaan makanan agar lebih lancar. Berbagai masalah pencernaan seperti susah BAB tidak akan menyiksa lagi.

3. Popcorn akan membantumu meningkatkan energi
Jagung sebagai bahan dasar popcorn  merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah yang banyak. Jagung juga dapat bermanfaat untuk tetap menjaga fungsi otak dan sistem saraf. Secangkir jagung mengandung sekitar 29 gr karbohidrat. Jagung cocok untuk atlet karena mereka membutuhkan asupan karbohidrat yang banyak untuk mengoptimalkan kinerja latihan. Selain itu, jagung mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna secara lambat, sehingga memberikan tingkat energi yang seimbang. Dianjurkan untuk mengkonsumsi jagung beberapa jam sebelum berolahraga untuk mencukupi kebutuhan energi.

4. Memperkuat otot dan jaringan ikat 
Jaringan ikat terdiri atas tulang, ligamen, tendon, otot, serta tulang rawan. Popcorn jagung memiliki kandungan mangan mineral yang dapat memperkuat jaringan ikat. Kandungan mangan juga dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dan memecah karbohidrat serta lemak untuk dapat menyediakan energi. Popcorn mengandung sebagian besar mineral seperti magnesium, besi, tembaga, dan fosfor yang diperlukan bagi kesehatan tulang.

5. Membuatmu awet muda 
Popcorn dapat mengobati gejala terkait usia seperti keriput, bintik-bintik penuaan, degenerasi makula dan kebutaan, kelemahan otot, dan rambut rontok. Popcorn dapat membuat kamu tetap sehat, berkat antioksidan kuat yang ada di dalamnya.

6. Jadikan popcorn sebagai pengganti asupan oatmeal dan gandum
Popcorn merupakan satu-satunya camilan yang 100 persen diproses dari biji. Satu porsi popcorn mengandung lebih dari 70 persen asupan gandum harian yang direkomendasikan. Jika kamu bosan makan oatmeal, kamu bisa mengonsumsi popcorn sesekali.

7. Makan popcorn bisa turunkan berat badan?
Tahukah kamu bahwa popcorn normal hanya mengandung 30 kalori yang 5 kali lebih sedikit daripada keripik kentang berminyak? Kandungan serat dalam popcorn akan membuat kamu merasa kenyang dan menghambat pelepasan hormon kelaparan. Lemak jenuh juga sangat rendah.

8. Menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker
popcorn juga ternyata mempunyai manfaat kesehatan lain. Kandungan polifenol dalam popcorn dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker (seperti kanker payudara dan kanker prostat).

Polifenol merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Pada beberapa penelitian, polifenol terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan saluran cerna, membantu sirkulasi darah agar bekerja lebih baik, dan membantu mengurangi risiko banyak penyakit.

Nah, itulah beberapa manfaat dari si unyu popcorn. Untuk mendapatkan manfaat popcorn, makanlah popcorn yang sehat. Beberapa jenis popcorn mungkin bisa membahayakan kesehatan kamu. Tapi, bahaya ini mungkin bisa kamu cegah jika kamu mengonsumsi popcorn yang lebih sehat. kamu bisa membeli popcorn yang dibuat dengan memanggangnya di atas kompor, sehingga kamu bisa menghindari bahaya yang ditimbulkan dari popcorn dalam kemasan (popcorn microwave).

kamu juga bisa memilih popcorn tawar yang tidak mengandung gula dan garam, sehingga kalori yang terkandung di dalamnya hanya sedikit. Makan popcorn ini bisa mencegah kamu dari kenaikan berat badan berlebih. Sekian, semoga bermanfaat.