7 Hal yang Harus Kamu Hindari Saat Kurang Tidur

7 Hal yang Harus diHindari Saat Kurang Tidur - Kebutuhan akan tidur setara dengan pentingnya kebutuhan manusia akan makan dan bernapas. Kurang tidur jika dibiasakan dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan. Lalu, apa yang terjadi jika kita kurang tidur? Tubuhmu akan mudah sakit dan susah sembuh, daya ingatmu menurun, mempercepat penuaan dini, bahkan kamu bisa menderita penyakit serius, seperti jantung dan stroke.

Kurang tidur bisa mendatangkan malapetaka karena kita akan selalu merasa mengantuk, kurang energi,  dan konsentrasi menurun. Selain itu, gejala mudah lupa, dan suasana hati yang memburuk kerap mendera. Kondisi semacam ini harus diperbaiki dengan mengubah gaya hidup. Misalnya, dengan mengurangi kafein dan alkohol, makan makanan sehat, dan berolahraga. Selain itu, ada hal-hal tertentu yang tidak boleh dilakukan ketika kita sedang dalam kondisi kurang tidur. Berikut ulasannya, yuk simak!

Jangan Olahraga Berlebihan
Jangan Olahraga Berlebihan

1. Jangan melakukan olahraga secara berlebihan

Olahraga merupakan aktivitas yang harus dilakukan. Di sisi lain, tidur yang cukup juga merupakan hal yang harus dilakukan. Namun, kalau kita kurang tidur, bolehkah kita berolahraga? Sebaiknya kita kembali tidur atau bangun untuk berolahraga?

Pilihlah untuk kembali tidur. Ternyata berolahraga saat kita kurang tidur itu malah berbahaya, lo. Saat kita berolahraga, jantung kita akan dipacu untuk bekerja lebih keras.Tubuh yang masih lelah akibat kurang tidur akan membuat jantung melemah.Akibatnya, kita bisa saja terkena serangan jantung secara mendadak. Kurang tidur saja sudah membuat tubuh kita mengalami berbagai masalah kesehatan. Apalagi kalau kita paksakan berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya. Daya tahan tubuh kita akan semakin melemah juga sehingga membuat kita lebih mudah terkena lebih banyak penyakit.
Jangan Terlalu Sering Minum Kopi
Jangan Terlalu Sering Minum Kopi

2. Ada baiknya mengurangi porsi minum kopimu

Minum beberapa cangkir kopi sepanjang hari, tidak akan membuat kamu berenergi, sebaliknya,  terlalu banyak kopi hanya akan membuat kamu merasa lelah dan semakin tidak nyaman. Ini menyebabkan tingkat energi kamu menurun. Ketika minum kopi, kafein bertahan di perut hingga lima jam, jadi jika kamu minum kopi lagi dalam waktu lima jam, itu akan memengaruhi tidur kamu di malam hari.
Jangan Terlalu Lama Tidur Siang
Jangan Terlalu Lama Tidur Siang

3. Tidur siang terlalu lama buruk bagi tubuh

Pakar kesehatan menyebutkan jika tidur siang yang dilakukan terlalu lama akan membuat tubuh beresiko mengalami masalah sindrom metabolik, sebuah kondisi tubuh yang berkaitan erat dengan tingginya tekanan darah, tingginya kadar lemak di dalam tubuh, tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh, dan juga tingginya kadar gula darah di dalam tubuh.
Jangan Kebanyakan Makan Junk Food
Jangan Kebanyakan Makan Junk Food

4. Buang jauh-jauh junk food di hadapanmu

Ketika tubuhmu lelah, kamu cenderung memilih makanan berlemak dan tinggi kalori. Cara ini tidak sehat dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Jika kamu ingin memesan makanan cepat saji, pilih makanan yang sehat dan lezat seperti sayuran kukus dengan nasi ayam, atau coklat.
Usahakan Tidur Dibawah Jam 11 Malam
Usahakan Tidur Dibawah Jam 11 Malam

5. Jangan menyimpang dari waktu tidur normalmu

Ketika kamu lelah, jangan tunda tombol alarm, karena dapat mengganggu siklus tidur dan kualitas tidurmu. Jika kamu tidur 30 menit lebih lama dari waktu normal, itu akan mengganggu jam tubuhmu, sehingga metabolisme tubuh tidak berjalan dengan lancar.
Kurangi Sosial Media Sebelum Tidur

6. Stop dulu chatting dan intip media sosial

Kebanyakan dari kita banyak yang menjadikan media sosial sebagai ‘tempat pelarian’ ketika merasa lelah sepanjang hari. Jika sudah begitu, kamu akan sulit tidur karena cahaya yang berasal dari handphone dapat memengaruhi otak, dan membuat kamu terjaga lebih lama.
Kurangi Nyemil Sebelum Tiodur

7. Hilangkan kebiasaan nyemil di tengah malam 

Jangan menikmati camilan tengah malam ketika kamu sudah lelah. Tubuh tidak bisa mencerna makanan sesaat setelah kamu tidur. Hindari makanan seperti hamburger, keripik, dan makanan berminyak yang dapat menyebabkan sakit maag dan menyulitkan kamu untuk tidur.

Nah, itulah 7 kebiasaan buruk yang harus banget kamu hindari ketika kurang tidur. Kebutuhan tidur tiap orang memang bisa berbeda-beda. Namun, sebaiknya, kamu tidur tujuh sampai sembilan jam. Gak lebih dan gak kurang. Buat kamu yang sering begadang, jangan dibiasakan ya! Semua itu demi kesehatanmu sendiri.