Tingkatkan Memori Otak dengan Tanaman Rosemary? Bisakah?

Cara Menambah Memory Otak - Rosemary (Rosmarinus officinalis) atau Rosmarin merupakan tanaman herba dengan daun berbentuk seperti duri, memiliki bunga berwarna ungu kebiruan yang wangi. Tanaman ini pada umunya digunakan sebagai tanaman hias, bumbu masak, dan obat. Hebatnya, bau dari rosemary dapat menjauhkanmu dari nyamuk loh! Mereka tidak suka bau rosemary, sedang manusia malah sangat menyukai baunya yang unik.

Selain melezatkan makanan, rosemary juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, terutama daunnya. Daun rosemary kaya akan serat dan hanya memiliki 131 kalori per 100g sehingga tidak mengandung kolesterol.

Manfaat Rosemary (Rosemarin) Bagi Memory Otak
Manfaat Rosemary (Rosemarin) Bagi Memory Otak
Daun rosemary segar kaya akan vitamin A, B, dan C. Vitamin A sangat baik penglihatan dan kesehatan kulit, vitamin B baik untuk sintesis protein dan memperbaiki DNA/RNA agar tidak terjadi kelahiran cacat, serta vitamin C yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, rosemary dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit sebagai berikut:

1. Mengobati masalah pada  lambung dan usus
Ada banyak masalah lambung dan usus yang sering diderita oleh masyarakat, seperti sembelit, kembung, diare, dan sebagainya. Penyakit seperti ini bisa diatasi dengan tanaman rosemary, karena kandungan rosmarinic acidnya memiliki potensi terapi dalam pengobatan dan pencegahan ulkus peotikum, toksisitas hati, dan masalah lambung lainnya.

2. Mencegah kanker 
Penelitian di Australia menemukan bahwa kandungan asam carnosic, carnosol, ursolat, dan rosmarinic di dalam tanaman rosemary dapat mencegah juga menghadang pertumbuhan berbagai jenis umor dan kanker.

3. Meningkatkan fungsi ginjal
Rosemary akan membantu fungsi ginjal dengan menormalkan kelebihan air yang ada di dalam tubuh. Kemudian ginjak akan memproduksi urin secara teratur sehingga dapat mencegah kemungkinan terkena kencing batu dan gagal ginjal

4. Membantu menyembuhkan masalah pernapasan
Flu, alergi, iritasi tenggorokan, pilek dan sinus. Penyakit pernafasan jenis ini dapat diredakan dengan menghirup aroma rosemary saja loh!

Selain mencegah dan mengobati penyakit, tanaman rosemary juga berguna untuk menyuburkan rambut, memperlambat proses penuaan, bahkan meningkatkan daya ingat! Gimana caranya? Yuk baca uraiannya dibawah ini:

1. Menyuburkan dan merangsang pertumbuhan rambut dengan rosemary?

Selain aloe vera dan merang, tanaman rosemary juga bisa bikin rambutmu tambah kece dong. Campurkan minyak rosemary dengan carrier oil seperti grapeseed oil dan jojoba oil, lalu aplikasikan pada kulit kepala. Untuk memastikan minyak terserap hingga ke akar rambutmu, berikam sedikit pijatan pada kulit kepala. Hal ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan nutrisi hingga ke akar rambutmu. Dan voila! Jika kamu melakukannya dengan teratur, kamu akan mendapatkan rambut lebat bak model iklan sampo!

2. Awet muda dengan rosemary. Bisa nggak tuh?

Tanaman rosemary inj memiliki kandungan anti oksidab dan anti inflamasi loh, sehingga banyak dijadikan sebagai bahan pembuat kosmetik seperti krim wajah dan krim lotion. Kandungan rosemary akan membuat pipimu merona karena sirkulasi darah pada kulit berjalan baik. Selain itu juga dapat merangsang regenerasi kulit hingga membuat kulit tampak kencang. Dijamin awet muda kalau rajin menggunakan rosemary sebagai skin care rutin mu!

Caranya cukup mudah, gunakan minyak rosemary sebagai toner. Cuci wajahmu dan gunakan bola kapas untuk mengaplikasikan minyak rosemary pada wajah. Tunggu 15-20 menit sebelum mencuci wajah dengan air hangat agar kulit dapat menyerap nutrisi minyak rosemary dengan baik.

3. Tingkatnkan memori otakmu hingga 75 persen dengan aroma rosemary!

Aroma rosemary sangat baik untuk meningkatkan daya ingat. Berdasarkan hasil studi terbaru, minyak esensial rosemary baik bagi kesehatan orang dewasa untuk mengingat kejadian di masa lalu dan melakukan tugas-tugas di masa depan, termasuk misalnya untuk minum obat atau mengerjakan tugas.

Aroma rosemary dapat meningkatkan memori, karena membantu produksi zat kimia di otak. Kandungan senyawa 1,8-cineole yang terdapat dalam tanaman rosemary inilah yang diduga memengaruhi bahan kimia di otak.

Nah, itulah beragam manfaat dari tanaman rosemary. Alangkah baiknya jika kita menggunakan obat daripada obat berzat kimia. Karena obat alami tidak menimbulkan efek samping apalagi ketergantungan. Daun yang mirip duri pun punya sejuta manfaat yang sayang banget buat kamu lewatin.