9 Hal ini Dapat Mengatasi Sakit Saat Tumbuh Gigi Bungsu

"Bahan Herbal Pengurang Rasa Sakit Saat Tumbuh Gigi Bungsu" - Memasuki usia dewasa, jangan mengira gigimu sudah selesai bertumbuh. Ada gigi yang tumbuh saat kamu berusia 18-25 tahun loh! Namanya gigi geraham bungsu. Saat gigi bungsu ini tumbuh, mungkin kamu akan merasakan sakit tidak tertahankan yang bisa membuatmu sulit makan hingga demam. Rasa sakit ini disebabkan oleh gigi  yang mencoba menembus gusi dengan cara merobeknya.

Bahkan, jika gigi bungsumu tumbuh miring dan berdampak pada susunan gigi yang lain, kamu harus melakukan operasi kecil. Tapi tenang saja, tumbuhnya gigi bungsu ini normal dan pasti akan dialami semua orang. Bedanya, nggak semua orang merasakan sakit dan nggak semua perlu diambil tindakan.

Mengatasi Sakit Saat Tumbuh Gigi Bungsu
Untuk mengatasi rasa sakit saat gigimu bungsumu tumbuh, kamu bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri atau resep dokter. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bahan alami yang ada di dapur dan kulkas, berikut uraiannya:
1. Cengkeh
Tanaman cengkeh diperkaya dengan sifat anestetik dan analgesik yang secara efektif dapat mengurangi rasa sakit gigi secara instan. Caranya cukup mudah, haluskan 3-5 butir cengkeh, lalu oleskan pada gigi bungsu.

2. Minyak Kelapa
Seperti halnya dengan cengkeh, minyak kelapa memilikisifat anelgesik dan antimikroba yang membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan gusi. Caranya, ambil 1 sendok makan minyak kelapa, lalu oleskanpada gigi bungsumu dan diamkan selama 20 menit, kemudian kumur dengan air hangat.
3. Bawang Putih
Bawang putih mengandung sifat anti-inflamasi, antibiotik dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi rasa ngilu saat gigi bungsu mulai tumbuh. Caranya, haluskan 1-2 buah bawang putih, lalu oleskan pada permukaan gigi bungsu dan biarkan selama 5-10 menit.

4. Garam
Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat baik untuk meredakan sakit pada gigi bungsu. Garam dapat mencegah infeksi dan mengurangi peradangan pada gusi yang disebabkan oleh gigi bungsu. Campurkan satu sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, lalu gunakan untuk berkumur.
5. Selai kacang
Siapa sangka selain digunakan sebagai olesan roti, selai kacang juga bisa mengobati sakit pada gigi bungsu. Kacang memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi. Caranya, oleskan sedikit selai kacang pada permukaan gigi, lalu biarkan selama 3-5 menit.

6. Air jeruk lemon 
Selain berfungsi untuk memutihkan gigi dan mencegah terjadinya radang gusi, air lemon juga bisa meredakan sakit gigi. Caranya adalah peras air lemon dan kemudian campurkan air lemon dengan garam lalu gunakan untuk berkumur-kumur. Anda juga bisa mencampur lemon dengan air hangat.
7. Irisan jahe
Jahe dikenal dengan kandungan anti inflamasinya. Sehingga dipercaya baik untuk mencegah sakit gigi. Ambil irisan jahe, lalu kunyah sekitar 10 menit. Rasanya memang akan pedas dan cukup menyengat. Tapi cara ini diyakini bisa membantu mengatasi nyeri akibat tumbuhnya geraham bungsu.

8. Kompres dengan es batu
Kadang nyeri karena tumbuhnya geraham bungsu juga disertai dengan pembengkakan. Untuk mengatasi pembengkakan, coba kompres dengan es batu. Caranya ambil es batu, lapisi dengan kain atau plastik, kemudian kompreskan ke area pipi yang bengkak.

9. Hindari Mengutak atik Gigi Bungsu
Jika kamu  sudah mengetahui sedang mengalami tumbuh gigi bungsu, hal yang perlu kamu hindari yaitu jangan coba mengutak atik gigi bungsu atau memegang dengan tangan terlalu keras. Karena hal ini akan semakin memperparah rasa sakit dan kuman yang ada di tangan dapat masuk ke daerah gigi dan dapat menyebabkan infeksi dan iritasi lebih parah. Jadi biarkan saja dan tetap melakukan pengobatan dengan tindakan dokter.  Ini salah satu penyebab gigi geraham bungsu tumbuh tidur yang perlu dipahami.

Nah, itulah cara mengobati sakit gigi bungsu yang memang sangat mengganggu, semua dapat dilakukan dengan mudah, dan pilihan ada padamu, mau memilih dengan cara alami ataukah dengan cara medis. Dan yang terpenting, hindari mengutak atik gigi bungsumu. Semoga bermanfaat.