Manfaat Kerupuk Kulit (Rambak) ini Belom Banyak Orang Tahu

"Manfaat Kerupuk Kulit Bagi Kesehatan" - Selain suka dengan makanan pedas, masyarakat Indonesia juga dikenal luas sebagai pecinta kerupuk. Bahkan, banyak orang yang mengaku tidak benar-benar bisa menikmati makanan tanpa adanya kerenyahan kerupuk sebagai salah satu lauknya. Ada berbagai jenis kerupuk yang diminati masyarakat Indonesia, salah satunya adalah kerupuk kulit.

Kerupuk kulit beberapa daerah menyebutnya rambak atau jangek adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang diolah dengan diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Setelah mengalami proses perebusan dan pengeringan pada terik matahari biasanya sekitar 2-3 hari, kerupuk mentah yang kering ini siap digoreng menjadi kerupuk yang siap untuk dihidangkan.

Manfaat Kerupuk Kulit bagi Kesehatan
Selain rasanya yang gurih dan renyah, kerupuk kulit memiliki berbagai manfaat untuk kesehatanmu, namun jika dikonsumsi secara berlebihan juga dapat menimbulkan kerugian. Berikut beberapa manfaat kerupuk kulit sapi yang wajib banget kamu ketahui:

1. Kerupuk Kulit Kaya Akan Kandungan Protein

Kerupuk kulit meskipun sudah kering dan digoreng, di dalamnya masih terkandung protein yang tinggi. Protein tersebut merupakan protein hewani karena kerupuk diolah dari kulit hewan sapi / kerbau. Protein hewani ini merupakan kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Beberapa manfaat dari protein hewani diantaranya :
Kerupuk Kulit Mengandung Protein

  • Baik untuk pertumbuhan dan regenerasi sel-sel tubuh
  • Baik untuk meningkatkan pembentukan energi tubuh
  • Baik untuk meningkatkan ketahanan tubuh
  • Baik untuk meningkatkan massa otot

Jadi tidak ada ruginya jika kamu mengkonsumsi kerupuk kuit rambak yang gurih dan enak ini, karena didalamnya terkandung protein hewani.

2. Mengurangi Rasa Pedas

Kerupuk kulit ini sangat cocok untuk kamu jadikan makanan penyelamat jikalau tidak mampu menahan rasa pedas saat makan. Daripada terlalu banyak minum air yang dapat menyebabkan kembung, kamu bisa mencoba kerupuk kulit untuk mengurangi sensasi pedas yang kamu rasakan. Terdapat kandungan minyak yang tinggi pada kerupuk kulit. Minyak tersebut dapat menetralisir rasa pedas yang ditimbulkan oleh capcaisin yang terdapat pada cabai.

3. Baik Untuk Kesehatan dan Pertumbuhan Tulang

Manfaat lainnya dari kerupuk kulit adalah baik untuk pertumbuhan tulang, selain protein hewani yang terkandung dalam kerupuk kulit, kandungan kalsium dan fosfor pada kerupuk kulit juga cukup tinggi. Kalsium dan fosfor sangat bagus untuk perkembangan tulang, nutrisi ini lebih tepat untuk remaja yang sedang dalam masa tumbuh kembang.
Obat Maag

4. Dapat mengobati maag

Untuk mengobati maag atau tukak lambung biasanya digunakan obat-obatan yang bisa mengurangi kadar asam dalam lambung sehingga tidak memperparah luka dalam dinding lambung tersebut dan nyeri akan perlahan menghilang. Karena kondisinya ditimbulkan akibat luka dan peradangan, penyakit satu ini bisa muncul kembali secara tiba-tiba karena permasalahn dasar yang belum ditangani secara benar.

Untuk penanganan penyakit satu ini sebenarnya kamu bisa mencoba menggunakan berbagai ramuan tradisional dengan bahan-bahan alami seperti kunyit, ramuan daun jambu biji dan beberapa jenis ramuan lainnya. Meskipun demikian terkadang orang malas meminum ramuan tersebut karena diarasa memiliki rasa yang kurang sesuai di lidah, yah berhubung obat jadi rasanya memang terkadang tidak familiar di mulut.

Namun tahukah kamu faktanya bagi kamu yang memiliki penyakit maag kamu bisa menggunakan kerupuk kulit sebagai obat. Ya, camilan nikmat satu ini ternyata bisa berguna sebagai obat alami dari penyakit dari maag atau tukak lambung yang kamu alami.

Memang terdengar aneh, ketika maag kambuh langsung mengonsumsi kerupuk yang satu ini dan beberapa saat kemudian perih dari maag ini akan hilang perlahan. Selain harga yang lebih murah dari obat-obat maag yang belum tentu baik bagi kesehatan dan ginjal kamu, kerupuk kulit tidak sulit untuk dicari. Jadi bagi kamu yang memiliki maag, apa salahnya siap sedia kerupuk kulit di dekat kamu?

Nah, itulah beberapa manfaat kerupuk kulit yang wajib banget kamu tahu. Meskipun terlihat remeh, ternyata kerupuk kulit sapi memiliki segudang manfaat ya? Perlu diingat, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi kerupuk, agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan, seperti batuk dan radang tenggorokan.