Manfaat Kepala Udang Bagi Tubuh! Eits Jangan Dibuang

"Manfaat Kepala Udang Bagi Tubuh" - Meski sering dibuang, sebenarnya kepala udang mengandung antioksidan 10 kali lebih kuat melawan radikal bebas dibanding buah dan sayuran. Kali ini, kita akan membahas manfaat kepala udang. Yuk, simak.

Kepala udang memiliki antioksidan astaxathin yang sangat baik bagi tubuh, diantaranya dapat menyehatkan mata, sebagai antibodi, dan dapat mengurangi rasa sakit. Multiguna banget kan limbah yang satu ini? Berikut uraiannya:

Manfaat Limbah Kepala Udang Bagi Tubuh
1. Menyehatkan mata
Kandungan astaxathin kepala udang dapat menyingkirkan penghalang pada retina mata dan membuat mata kita kembali jernih dan sehat.

2. Sebagai antibodi
Memasuki musim pancaroba, tubuh kita mudah sekali terserang berbagai macan penyakit. Untuk itu, tubuh memerlukan antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit. Berdasarkan sebuah penelitian, zat astaxathin pada kepala udang terbukti 6000 kali lebih kuat dibandingkan dengan vitamin C dan 550 kali lebih kuat dibanding zat katekin yang terdapat pada teh hijau. Oleh karena itu, astaxathin dinobatkan sebagai antioksidan yang paling kuat diantara jenis antioksidan lainnya.

3. Mengurangi rasa sakit
Ternyata kepala udang bisa redakan rasa sakit atau nyeri karena kandungan astaxathin yang merupakan anti peradangan dan pengurang rasa sakit alami. Bahkan kandungan ini bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kronis, lho!

4. Mencegah Penyakit Anemia
Kandungan Vitamin B12 yang terdapat pada kulit kepala udang diyakini mampu meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi udang Anda dapat terhindar dari penyakit anemia atau yang sering disebut darah rendah.

5. Mencerdaskan otak
Memiliki anak dengan otak cerdas pastinya menjadi keinginan setiap orang tua lan? Nah, Kandungan omega 3 dalam kulit kepala udang  diyakini dapat mencerdaskan otak loh! Namun, anak tidak perlu mengkonsumsi kepala udang terlalu banyak, cukup diimbangi dengan sumber omega 3 lain, baik bersumber dari nabati maupun hewani.

Itulah Manfaat kepala udang untuk kesehatan manusia. Hanya saja, jangan terlalu banyak mengkonsumsi kepala udang, ya. Konsumsilah secukupnya agar bisa mendapatkan manfaatnya. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik dan malah menimbulkan kerugian. Selain digunakan untuk kesehatan manusia, kepala udang juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan industri seperti yang berikut ini:

1. Kepala udang jadi pengawet makanan? 
Selain mengandung astaxathin, kepala udang juga mengandung senyawa kitosan yang berguna untuk pengawet alami dalam industri makanan. Pengawet berbahan kepala udang ini tidak merusak aroma maupun rasa makanan.

2. Berguna juga dalam industri tekstil
Kandungan kitosan dalam kepala udang memiliki sifat tahan api dan menambah daya ikat terhadap zat pewarna kain, sehingga warna kain tidak mudah luntur.

3. Udang ternyata bisa menyerap logam berat, wah keren!
Zat kitosan dan kitin dalam kepala udang bersifat pengemulsi koagulasu dan absorben yerhadap logam berat dan air limbah. Sehingga, logamberat dapat terserap dengan baik.

4. Sebagai bahan dasar pakan ternak
Tepung limbah udang mengandung semua asam amino essensial, sumber asam amino aromatik seperti fenilalanin dan tirosin yang  kandungannya lebih tinggi daripada tepung ikan. Sehingga, tepung berbahan kepala udang atau yang biasa disebut tepung rese ini sangat baik untuk ternak.

Nah, kepala udang ternyata memiliki berbagai manfaat dan dapat memberikan keuntungan ekonomis jika kita mau mengolahnya. Yuk, manfaatkan kepala udang agar limbahnya tidak berdampak buruk bagi lingkungan. Karena lingkungan yang buruk akan membahayakan kesehatan manusia.