Jangan Makan Telur Puyuh Tiap Hari! Berbahaya

Bahaya Makan Telur Puyuh Tiap Hari - Telur puyuh merupakan salah satu primadona kuliner di Indonesia. Bentuknya yang mungil dan pas di mulut menjadi nilai plus, sangat nikmat  jika dijadikan sate yang diolesi minyak kelapa sawit atau bumbu pedas. Kandungan gizinya pun tiga kali lebih besar dibandingkan dengan telur ayam. Namun, terlepas dari itu semua, tau nggak sih, mengkonsumsi telur puyuh setiap hari ternyata berbahaya loh! Yuk, intip bahaya mengkonsumsi telur puyuh setiap hari.

Bahaya Makan Telur Puyuh Tiap Hari
1. Makan telur puyuh setiap hari bisa membunuh janinmu!
Mengkonsumsi telur puyuh ketika hamil memang sangat dianjurkan. Namun jika dikonsumsi setiap hari dapat menimbulkan keguguran pada janin yang berusia di bawah 20 minggu. Hal ini disebabkan berlebihnya zat kolin yang malah berbahaya bagi janin.

2. Telur puyuh sebabkan penurunan memori otak?
Telur puyuh mengandung zat kolin yang dapat mempertahankan fungsi otak, terutama kemampuan memori.  Namun, jika zat kolin dikonsumsi berlebihan, zat tersebuat malah menurunkan fungsi memori otak pada anak anak dan balita, serta menimbulkan penyakit Alzheimer pada orang orang lanjut usia.

3. Kerusakan mata bisa disebabkan oleh si telur puyuh?
Telur puyuh mengandung zat lutein dan  zeaksantin yang mampu melindungu mata dengan cara menghambat sinar biru yang dihasilkan oleh pancaran sinar matahari dan layar gadget. Namun, mengkonsumsi telur puyuh setiap hari dapat menyebabkan zat lutein dan  zeaksantin  tidak berfungsi sehingga sinar biru dapat masuk ke dalam mata dan menimbulkan kerusakan mata.

4. Telur puyuh sebagai 'pembangun' plak pada pembuluh darah.
Mengkonsumsi telur puyuh sebanyak lebih dari lima butir dalam seminggu dapat menyebabkan adanya timbunan plak kolesterol dipembuluh arteri.  Penumpukan kolesterol itu lama-lama akan mengeras. Sebab, ketika menumpuk, kolesterol memanggil kalsium untuk mengeraskan diri. Kalau kalsium tidak dipanggil, lemak akan rontok lalu pergi ke saluran yang lebih kecil lagi dan menyebabkan penyumbatan aliran darah. Atau bisa juga kumpulan lemak itu pecah dan akhirnya membuat sirkulasi darah tidak lancar. Hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah jantung, seperti jantung koroner dan jantung iskemik.

5. Telur puyuh bisa membuatmu keracunan dan alergi!
Mengkonsumsi  kuning telur puyuh setiap hari dapat menimbulkan keracunan pada tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penyakit tifus dan disentri yang diawali dengan gejala mual, muntah, dehidrasi, sering buang air besar dan demam tinggi. 

Telur puyuh mengandung protein ovomucoid  yang jika dikonsumsi setiap hari  dapat menyebabkan hormon menjadi tidak stabi, sehingga terjadi alergi pada kulit, seperti gatal-gatal, kesulitan bernafas, diare, dan ruam ruam kemerahan dipermukaan kulit yang jika digaruk akan terasa pedih dan panas. Jika alergi sudah parah dapat menjalar pada terganggunya sistem pencernaan.

6. Telur puyuh juga bisa menghambat penyerapan vitamin?
Jika kamu suka mengkonsumsi kuning telur puyuh setiap hari,  kebiasaanmu itu dapat menyebabkan buruknya zat avidin yang dapt mengikat biotin lalu menghambat penyerapan vitamin dan mineral dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan kerontokan rambut dalam jumlah banyak,  kebotakan dan memicu kesulitan akar rambut untuk tumbuh dan berkembang kembali.

Nah, itulah beberapa bahaya yang ditimbulkan dari kebiasaan memakan telur puyuh setiap hari. Apapun makanannya, tidaklah  baik jika dikonsumsi dengan berlebihan, karena beresiko terserangnya gangguan pada tubuh. Konsumsilah telur puyuh dengan wajar, maka kamu akan merasakan manfaat asli dari si mungil telur puyuh ini!