Penjelasan Al-Hadi (Pemberi Petunjuk) Lengkap Tapi Singkat

"Pengertian, Contoh, Penjelasan, Peneladanan Al-Hadi" - Assalamualaikum semuanya, kali ini kami ingin sharing tentang al hadi nih, mohon dipelajari ya biar bertambah pengetahuan dan keyakinannya terhadap Dzat yang maha Esa Allah S.W.T.

Pengertian al Hadi

Secara bahasa al hadi dapat diartikan dengan tampil kedepan memberi petunjuk dan menyampaikan dengan lemah lembut. Al Hadi dapat diartikan juga pemberi petunjuk, maksudnya adalah Allah swt yang menganugrahkan petunjuk atau hidayah kepada hamba-hamba yang dikehendaki-Nya, sesuai dengan peranan makhluk dan sesuai dengan  tingkatannya.
Penjelasan Al-Hadi (Pemberi Petunjuk)
Allah juga memberikan petunjuk kepada hamba-hamba-Nya untuk selalu beribadah kepada-Nya, serta mengikuti ajaran Rasul-Nya. Dialah Allah yang memberi petunjuk kepada orang-orang yang berbuat maksiat sehingga ia bertaubat. Allahlah yang telah menunjukkan jalan kepada orang-orang yang sesat sehingga mereka kembali ke jalan yang benar. Allah berfirman :

وَكَذَلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِيٍّ عَدُوًّا مِنَ الْمُجْرِمِينَ وَكَفَى بِرَبِّكَ هَادِيًا وَنَصِيرًا (٣١)
“Dan cukuplah Tuhanmu menjadi pemberi petunjuk dan penolong.” (QS. Al Furqoon : 31)

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (٥)اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (٦)
“Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan. Tunjukkanlah kami jalan yang lurus.” (QS. Al Faatihah : 5-6)

Meneladani Allah dengan sifat al Hadi

1. Berharap terus mendapat petunjuk
Seorang muslim berkeyakinan bahwa yang dapat memberi tujuan hanya Allah. Oleh karenanya tumpuhan harapan muslim hanya ditujukan kepada Allah sebagai yang mempunyai petunjuk yang paling benar dan akurat, oleh karena itu manusia perlu memohon kepada Allah dengan sepenuh hati. Seperti diterangkan dalam QS, Al Baqarah: 120


إِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَ الْهُدَى (١٢٠)
“Sesungguhnya petunjuk Allah Itulah petunjuk (yang benar)”

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالسَّدَادَ
“Ya Allah, meminta kepada-Mu petunjuk dan kebenaran.”

2. Secara konsisten dalam menjaga aneka petunjuk yang telah diberikan Allah
Bagi yang dikehendaki Allah swt menerima hidayah berupa kebenaran iman dan Islam tidaklah sulit. Sebagai muslim kita wajib bersyukur telah mendapat hidayah-Nya. Caranya adalah tetap menjaga dan memelihara keimanan dan keislaman tersebut, antara lain dengan tetap melaksanakan perintah Allah swt dan menjauhi larangan-Nya sesuai pengetahuan dan kemampuan kita. QS. Al Hajj: 54,


وَإِنَّ اللَّهَ لَهَادِ الَّذِينَ آمَنُوا إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ (٥٤)
“Sesungguhnya Allah adalah pemberi petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus”.

3. Memberi petunjuk yang benar dengan penuh amanah
Manusia diperintah Allah untuk menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya (QS. An Nisa: 58), hal ini berkaitan dengan tatanan berinteraksi sosial (muamalah) atau hablun min al-nas. Sifat dan sikap amanah harus menjadi kepribadian atau sikap mental setiap individu dalam komunitas masyarakat agar tercipta harmonisasi hubungan dalam setiap gerak langkah kehidupan.

Dengan memiliki sikap mental yang amanah akan terjalin sikap saling percaya, positif thinking, jujur dan transparan dalam seluruh aktifitas kehidupan yang pada akhirnya akan terbentuk model masyarakat yang ideal yaitu masyarakat aman, damai dan sejahtera.


إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الأمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ إِنَّ اللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهِ إِنَّ اللَّهَ كَانَ سَمِيعًا بَصِيرًا (٥٨)
“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha melihat.(QS. An Nisa: 58)

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian, cara meneladani serta contoh al hadi. Semoga dapat bermanfaat untuk kakak atau adek yang lagi membaca, jangan lupa share ya agar bermanfaat bagi orang lain, mumpung sharing ilmu masih dapet pahala hehehe.