6 Waktu ini Tepat untuk Makan Buah? Tambah Enak

"6 Waktu Tepat Makan Buah" - Walaupun merupakan makanan sehat, kita sebaiknya mengkonsumsi buah sesuai aturan. Dilansir dari  Times of India pada 16 September 2018, ada beberapa waktu yang tepat untuk mengkonsumsi buah-buahan. Berikut ulasannya:


1. Pagi hari

Kebanyakan orang memilih menu sarapan seperti roti lapis, nasi goreng, dan sereal susu. Jarang sekali orang yang mengawali sarapannya dengan mengkonsumsi buah-buahan. Padahal buah sangat baik untuk stamina di pagi hari, karena gula alami di dalam buah cepat diserap tubuh dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan.

Adapun buah-buahan yang baik untuk dimakan di pagi hari adalah pisang, blueberry, semangka, jeruk, apel, dan strawberry. Tapi, sebelum makan buah, sebaiknya kamu minum segelas air dulu. Makan buah di pagi hari dipercaya dapat membantu detoksifikasi sistem tubuh dengan baik. Ajaib banget kan?

2. Sebagai camilan di waktu senggang

Cemilan merupakan pilihan yang menarik untuk menemani segala aktifitasmu, seperti menonton pertandingan sepak bola, berkumpul bersama teman dan keluarga, bahkan saat sedang bersantai diatas kasur mungkin kamu juga sering ngemil kan?

Nah, gimana kalo permen dan snack diganti dengan buah segar dan jus kesukaanmu? Pasti enak tuh, sehat pula. Tau nggak, ketika dikonsumsi sebagai camilan, buah bisa menghentikanmu dari mengkonsumsi makanan cepat saji yang bikin kamu tambah gendut. Jadi, nyemil buah dapat menurunkan berat badanmu loh!

3. Camilan sebelum olahraga

Banyak yang beranggapan bahwa olahraga dengan perut kosong dapat memaksimalkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh, namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Jika kamu olahraga dengan perut kosong, maka tubuh mengalami kekurangan energi, kemudian kamu tidak akan sanggup melakukan olahraga dengan baik dan tidak dapat membakar kalori secara maksimal. Salah satu solusinya adalah memakan buah sebelum  olahraga karena buah dapat membantumu mendapatkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk berolahraga.

4. Camilan sesudah olahraga

Sehabis berolahraga, otot menggunakan glikogen untuk bahan bakar dan sel-selnya mengalami kerusakan. Untuk mengembalikan glikogen yang telah digunakan, menumbuhkan kembali protein otot, dan merangsang pertumbuhan otot baru, mengonsumsi buah dapat membantu tubuh untuk menyelesaikan proses tersebut lebih cepat. Hal ini dikarenakan buah-buahan merupakan makanan rendah kalori, tinggi mineral, dan serat yang bisa membantumu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh setelah olahraga

Campuran potongan buah kiwi dan nanas dapat dibuat dengan mudah. Selain kaya vitamin,  buah-buahan ini mudah dicerna dan membantu memecah asam amino dan mencegah peradangan yang terjadi pada otot. Kamu juga bisa menambahkan buah-buahan yang mengandung banyak air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, misalnya semangka.

5. Sebelum makan besar

Ternyata waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah itu sebelum makan berat lho! Tepatnya 30 menit sebelum mengonsumsi nasi atau makanan berat lainnya. Makan buah sebelum nasi akan membantu tubuh menyerap nutrisi dari buah lebih baik. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral buah lebih mudah dicerna, dibanding makanan berat.

6. Malam hari

Mengonsumsi buah di malam hari bisa dibilang agak tricky. Sebab pemilihan buah tinggi kalori untuk dimakan pada waktu malam bisa membuat kamu mengalami kegemukan. Sebaiknya pilih buah seperti semangka, ceri, delima, atau jeruk yang juga bermanfaat dalam memaksimalkan proses detoksifikasi tubuh.

Selain waktu di atas, kamu bisa memakan buah saat brunch yaitu antara jam 9-11. Di waktu tersebut adalah saat yang baik untuk mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk dan mangga. Perlu diingat, konsumsilah buah sewajarnya dan jangan berlebihan agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang besar  tanpa efek samping. Itulah waktu yang tepat untuk memakan buah. Semoga bermanfaat.