Ajaib Banget! 6 Manfaat Merendam Kaki di Air Es

Manfaat Merendam Kaki di Air Es - Selain segar diminum, air es memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti sakit kepala, nyeri otot, menghilangkan kantung mata, dan lain sebagainya. Jika Kamu memiliki keluhan kesehatan seperti dibawah ini, jangan buru-buru minum obat.

Cobalah merendam kaki di dalam baskom berisi air es selama 15 menit. Dan voila!  Rasa sakitmu akan berkurang hingga menghilang. Berikut ini beberapa keluhan kesehatan yang dapat diatasi dengan air es.

Manfaat Merendam Kaki di Air Es

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah bagian penting dari tubuh seseorang untuk melawan penyakit dan infeksi. Sebuah sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius, seperti infeksi atau flu. Maka dari itu, Kamu wajib banget menjaga kekebalan tubuhmu.

Menurut seorang dokter Rusia yang populer, Dr. Sergei Bubnovkiy, sistem kekebalan tubuh akan meningkat secara signifikan jika Kamu merendam kaki dalam air dingin atau air es selama 10-15 detik setiap hari. Hal ini dikarenakan air es merangsang produksi norepinephrine, yang merupakan hormon penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Mengatasi Nyeri Otot

Nyeri otot merupakan kondisi umum dan bisa terjadi pada semua orang. Kondisi ini banyak terjadi di semua bagian tubuh, seperti bagian leher, punggung, kaki, tangan dan lainnya. Mungkin banyak orang yang mencoba menyembuhkan nyeri otot dengan melakukan pijat, latihan peregangan, bekam, atau melakukan terapi ke ahlinya.

Namun, sebelum itu ada baiknya Kamu mencoba metode yang satu ini. Pertama rendam kaki ke air hangat kemudian pindah ke air es kurang lebih selama semenit. Dengan cara tersebut akan meringkan nyeri hilang dan otot kaki pun terasa santai.

3. Meningkatkan Kinerja Daya Ingat dan Efek Ketenangan

Ini merupakan cara untuk merelaksasi tubuh secara sederhana. Selain itu, merendam kaki dengan air dingin juga membantu meningkatkan kinerja memori. Hasil studi di University of Virginia, menunjukkan kegunaan air dingin akan menunjang terbentuknya Norepinefrin di tubuh. Norepinefrin sendiri berfungsi memaksimalkan kinerja memori pada saraf pusat, serta menjaga tubuh agar selalu waspada.

Jadi,  terapi kaki dengan air dingin dapat membuat kondisi tubuh lebih terasa tenang, nyaman, dan pikiran menjadi lebih rileks.

4. Mencegah Pilek & Flu

Terapi Air dingin Tidak hanya sebagai peningkat daya imun tubuh. Bahkan dengan satu baskom air dingin diletakkan di kaki dapat membantu tubuh memerangi penyakit flu dan pilek. Karena terapi semacam ini akan merangsang semua organ tubuh bekerja lebih baik. Berdasarkan penelitian di Jerman juga mengungkapkan, bahwasanya menyiram tubuh dengan air dingin selama 2 detik, berkemungkinan besar membuat tubuh terhindar dari pilek. Sementara pilek memang kerap menimpa semua orang dan tak mengenal usia.

5. Mencegah Depresi

Stres tinggi bisa menjadi penyebab awal berbagai penyakit bermunculan. Air dingin mampu menstimulasi tubuh dari tingginya tingkat stres sebagai pemicu utama depresi. Dengan mencoba merendam kaki ke dalam air es, maka depresi secara perlahan dapat dikurangi.

6. Mengatasi Sakit Kepala

Apabila kita tengah mengalami sakit kepala, merendam kaki ke dalam air dingin bisa mengurangi rasa sakitnya. Caranya yaitu dengan merendam kaki selama kurang lebih sepuluh menit di air es. Gunanya untuk merubah tekanan peredaran darah pada otak. Untuk menghilangkan sakit kepala bisa juga meracik obat tradisional dengan minim resiko seperti yang ada pada manfaat daun salam yang baik untuk kesehatan.

Perlu diketahui, manfaat air dingin sebenarnya tidak sebatas itu saja. Jika Kamu mau menerapkan air dingin di rambut kepala, akan berguna menyehatkan rambut.  Kemudian nyeri otot pun bisa diredakan dengan meletakkan air dingin ke bagian otot yang terasa sakit. Atau menempelkan air es yang dibungkus plastik di area kantung mata.

Nah, itulah 6 manfaat ajaib merendam kaki di air es. Akan lebih baik jika kamu mengulang metode merendam kaki di air es selama 4 jam sekali. Semoga bermanfaat.