PENGERTIAN RIYA',SUM'AH,UJUB,DAN TAKABUR

Riya, Sum’ah, Ujub, dan Takabur adalah 4 Paket Sifat Tercela yang Harus Dihindari Riya, Sum’ah, Ujub dan Takabur adalah sifat-sifat tercela yang hampir memiliki kesamaan, dan sifat-sifat tersebut harus kita jauhi, pengertiannya simak di bawah ini :

Pengertian Riya', Sum'ah, Ujub, dan Takabur

A. RIYA :

Pengertian Riya menurut Bahasa: riya’ berasal dari kaa  /ru’yah, yang artinya menampakkan
Riya ’ adalah memperlihatkan suatu amal kebaikannya kepada sesama manusia.

B. SUM’AH :

Kata sum’ah  berasal dari kata samma’a (memperdengarkan)
Kalimat samma’an naasa bi ‘amalihi digunakan jika seseorang menampakkan amalnya kepada manusia yang semula tidak mengetahuinya.

C. UJUB :

Ujub adalah mengagumi diri sendiri, yaitu ketika kita merasa bahwa diri kita memiliki kelebihan tertentu yang tidak dimiliki orang lain.

Ibnul Mubarok pernah berkata, “Perasaan ‘ujub adalah ketika engkau merasa bahwa dirimu memiliki kelebihan tertentuyang tidak dimiliki oleh orang lain.”

Imam Al Ghozali menuturkan, “Perasaan ‘ujub adalah kecintaan seseorang pada suatu karunia dan merasa memilikinya sendiri, tanpa mengembalikan
keutamaannya kepada Allah”.

D.TAKABUR ;

Takabur berasal dari bahasa Arab Takabbara Yatakabbaru yang artinya sombong atau membanggakan diri sendiri. Takabur semakna dengan Ta’azum, yaitu menampakkan keagungannya dan kebesarannya dibandingkan dengan orang lain.

Dengan segala kerendahan hati kita, mari sama2 kita lihat jauh kedalam hati kita yang paling dalam. Mari kita hindari atau kita buang jauh2 sifat buruk atau sifat tercela ini agar antar kita terjalin rasa kasih sayang yang tulus.
Salam pramuka...