Motto dan Lambang Gerakan Pramuka di Indonesia

Motto dan Lambang Gerakan Pramuka - Salam Pramuka, kali ini kami ingin memaparkan mengenai moto dan lambang gerakan pramuka, mungkin untuk lebih jelasnya silahkan kakak baca langsung dibawah ini.

Penjelasan Motto dan lambang Gerakan Pramuka


Motto Gerakan Pramuka
Di dalam organisasi kepramukaan para anggota kepramukaan, para anggota anggota pramuka selalu memerlukan penyemangat yang selalu mengingatkan pada tujuan dari Gerakan Pramuka. Salah satu penyemangat itu adalah motto. Motto adalah kalimat, frasa, atau kata sebagai semboyan atau pedoman sebagai motivasi, semangat, atau tujuan dari suatu organisasi.
Motto Gerakan Pramuka
Motto Gerakan Pramuka
Sebagai suatu organisasi,  Gerakan Pramuka juga memiliki suatu motto. Motto Gerakan Pramuka di tujukan untuk membuat anggota Pramuka selalu ingat bahwa dalam setiap mengikuti kegiatan pramuka, mereka sedang mempersiapkan diri mengamalkan kode kehormatan Pramuka.

Motto Gerakan Pramuka adalah :
 “ Satyaku kudarmakan, dharmaku kubaktikan”
Manfaat motto itu bagi Gerakan Pramuka adalah  dapat meningkatkan kepercaan diri , menambah semangat pengabdian kepada lingkungan  masyarakat, bangsa dan Negara, memberi rasa bangga mengikuti Gerakan Pramuka, membangkitkan budaya  kerja berlandaskan pengabdian, sert membuat  seorang Pramuka siap mengamalkan satya dan dharma Pramuka.

Lambang Gerakan Pramuka
Lambang Gerakan Pramuka merupakan tanda pengenal yang mewakili sifat, nilai serta norma yang dimiliki oleh setiap anggota Pramuka, seperti yang di cita citakan Gerakan Pramuka. Lambang Gerakan Pramuka adalah gambar bayangan Tunas Kelapa. Lambang ini dirancang oleh Soenardjo Atmodipuro beliau adalah pegawai tinggi Deertemen Pertanian yang juga menjadi tokoh pramuka.
Lambang Gerakan Pramuka
Lambang Gerakan Pramuka
Lambang Tunas Kelapa pertama kali diperkenalkan pada tanggal 14 Agustus 1961, bersamaan dengan penganugrahan Panji Pramuka Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia kepada organisasi  Gerakan Pramuka melalui keputusan Presiden RI Nomor. 448 tahun 1961 oleh Presiden Soekarno.
Penjabaran Simbol Tunas Kelapa sebagai lambing  Gerakan Pramuka dibrikan melalui surat keputusan kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72 Tahun 1971.

A. Arti kiasan Lambang Pramuka.


  1. Tunas Kelapa mengandung arti Pramuka adalah inti dalam prosos kelangsungan hidup bangsa. Pramuka adalah Tunas Bangsa.
  2. Buah Kelapa  bertahan lama artinya pramuka adalah organisai yang anggotanya memiliki sifat kuat dan ulet jasmani rohaninya.
  3. Pohon kelapa  tumbuh diberbagai tempat dan sifat tanah yang berbeda beda. Artinya anggota pramuka dimanapun berada adalah sorang yang  yang bias menyesuaikan diri dengan tempat barunya dalam kondisi apapun.
  4. Pohon kelapa tumbuh tinggi artinya pramuka memiliki tujuan dan cita cita yang tinggi.
  5. Pohon kelapa memiliki system perakaran yang sangat kuat artinya pramuka berpegang teguh pada dasar dasar yang kuat.
  6. Pohon kelapa adalah pohon yang serba guna. Artinya pramuka berguna bagi bangsa, Negara dan agama.

B. Pengunaan Lambang Pramuka

Lambang  Gerakan Pramuka dapat digunakan pada panji, bendera, papan nama kwartir atau satuan, tanda pengenal dan alat administrasi Gerakan Pramuka. Penggunaann lambing dimaksudkan agar anggota Pramuka selalu ingat dan paham dengan arti arti kiasan dari lambing pramuka serta anggota pramuka bias mengamalkan ilmu pengetahuaanya kepada masyarakat luas.

Motto dan Lambang Gerakan Pramuka sudah usai kami jelaskan diatas, semoga sobat mengerti tentang penjelesan kami diatas. Baca yang lain mengenai kepramukaan dan lainnya di blog kami, oo ya ada materi sekolah juga loh, sampai jumpa kakak. Salam pramuka!