Kode Kehormatan Pramuka Penegak

Kode Kehormatan Pramuka Penegak - Setiap tingkatan pramuka pastilah masing masing memiliki kode kehormatan sendiri sendiri, pada kesempatan kali kita akan membahas salah satunya yakni kode kehormatan pramuka penegak.

Kode Kehormatan Pramuka Penegak

Kode kehormatan Pramuka adalah suatu norma dalam kehidupan anggota Pramuka yang menjadi ukuran tingkah laku seorang anggota Gerakan Pramuka di masyarakat. Kode kehormatan Pramuka Penegak adalah Satya Pramuka, dan ketentuan Moralnya disebut Dharma Pramuka.
Kode Kehormatan Pramuka Penegak
Kode Kehormatan Pramuka Penegak

1. Satya Pramuka Penegak

Satya Pramuka
“Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh sungguh menjalankan kewajibanku terhadab Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Repubilk Indonesia, mengamalkan Pancasila, Menolong sesame, ikut serta membangun masyarakat, serta menempati Dharma Pramuka”

2. Dharma Pramuka

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Cinta alan dan kasih sayang  kepada manusia.
  3. Patriot yang sopan dan ksatria.
  4. Patuh dan suka bermusyawarah.
  5. Rela menolong dan tabah.
  6. Rajin, terampil, dan gembira.
  7. Hebat, cermat dan bersahaja.
  8. Disiplin, berani dan setia.
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
  10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.    

Satuan Pramuka Penegak

Di dalam Gerakan Pramuka, organisasi sangat penting dan merupakan alat pendidikan yang efektif dan efisien. Organisasi atuan akan bermanfaat bagi anggota pramuka, ketika terjun di masyarakat, system itu dapat membentuk sikap yang berbudi lluhur yang berguna bagi bangsa dan Negara.

1. Satuan Sangga

Pramuka Penegak disusun dalam satuan satuan. Satuan terkecil disebut Sangga, satu Sangga terdiri dari 6 sampai 8 anggota penegak. Dalam sangga dipimpin oleh pimpinan Sangga  atau Pinsa yang dipilih dari salah satu anggota Sangga. Untuk membantu tugasnya Pinsa mengangkat wakil Pimpinan Sangga untuk membantu tugas Pinsa.

Empat buah sangga akan terhimpun menjadi satu Ambalan dipmpin oleh seorang Pradana. Seorang Pradana akan memimpin Ambalan sekaligus memimpin sangga yang dipimpinnya. Pradana dipilih melalui musyawarah seluruh pinsa yang tergabung dalam satu ambalan yang terbentuk.

Pradana di bantu oleh satu orang sekretaris yang disebut Kerani, bendahara yang disebut Hartaka, dan seorang Pemangku Adat. Nama dari suatu Ambalan bias beraneka ragam, disesuaikan dengan karakter Ambalan yang bersangkutan.

2. Dewan Ambalan

Di dalam satuan organisasi Pramuka Penegak dikenal Dewan Ambalan. Dewan Ambalan diketuai oleh Pradana. Anggota Dewan Ambalan dipilih dari para Pemimpin dan Wakil Pemimpin Sangga, dengan unsur unsur sebagai berikut.
  1. Ketua, yaitu Pradana
  2. Pemangu Adat
  3. Sekretaris atau Kerani
  4. Bendahara atau Hartaka
  5. Beberapa anggota sesuai dengan kepentingan  masing masing.
Masa bakti Dewan Ambalan sama denganMasa Bakti Gugus Depan Yaitu 3 tahun. Dewan Ambalan berkewajiban mengadakan musyawarah sedikitnya enam bulan sekali. Dewan Ambalan bertugas nerencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan Ambalan dengan selalu berkonsultasi kepada Pembina ambalan.