Kegiaan kegiatan Pramuka Penegak

"Kegiatan Pramuka Penegak" - Dalam setiap kepramukaan pastilah ada yang namanya kegiatan, dalam setiap tingkatan memiliki kegiatan yang berbeda pula, karena setiap tingkatan dihuni oleh umur yang berbeda. Sekarang ini kami akan sedikit mengulas mengenai kegiatan yang dilakukan oleh pramuka penegak.

Dalam tingkatan yang sering kali disebut dengan tingkatan remaja menuju dewasa ini tentunya kegiatan yang dilakukan lebih banyak mengabdi dan mengembangkan mental agar lebih kokoh untuk menunjang tingkat pandega. Dengan menonjolkan sikap patriotis dan suka menolong diciptakanlah bebearapa, kegiatan seperti dibawah ini.
"Kegiatan Pramuka Penegak"

Kegiaan kegiatan Pramuka Penegak

Pramuka penegak memiliki watak umum semanga juang yang tinggi, idealme, kemauan yang kuat, percaya diri, mencari jati diri, dan kreatif. Pramuka penegak juga memiliki kepedulian terhadap linkungan masyarakat , serta memiliki loyalitas terhadap kelompoknya.

Bentuk kegiatan pramuka penegak adalah:

1.    Bina Diri
Bina diri merupakan upaya peningkatan kemampuan jiwa dan keterampilan dengan cara menuntut ilm pengetahuan.

2.    Bina Satuan
Bina Satuan merupakan upaya terus menerus megabdikan diri dengan perindukan Siaga atau pasukan penggalang dalam keterampilan khusus atu inofatif.

3.    Bina Masyarakat
Bina Masyarakat merupakan upaya dan semangat menjadi penyuluh dan pelopor pembangnan di masyarakat.

Pramuka penegak melakukan berbagai aktivitas dan pertemuan, di antaranya.
1.       Kegiatan tantangan atau lompat tali yang diadakan di masing masing Ambalan.
2.       Pelantikan Penegak, Penegak Bantara, Penegak Laksana.
3.       Perkemahan Wirakarya.
4.       Perkemahan Bhakti.
5.       Jamboree di udara atau Jamboree on The Air (JOTA). Merupakan pertemuanpramuka melalui media radio.
6.        Jambore  di Internet atau jamboree On The Internet (JOTI).

Selain itu pula ada kegitan rutin Pramuka Penegak di antaranya:


1.      Rapat Pleno Dewan Kerja Ambalan
Rapat Pleno dimaksudkan untuk melakukan evaluasi  program kerja dan pelaksanaan tugas Dewan Ambalan dalam satu tahun dan menentukan pengelolaan dan pelaksanaan program untuk satu tahun berikutnya, Rapat Pleno dilakukan sebulan sekali.

2.      Rapat bidang Dewan Ambalan
Rapat Bidang dilakukan untuk membicarakan elaksanaan program kerja, persiaan, dan penyusunan konsepsi kegiatan bidang yang bersangkutan. Rapat Bidang dilakukan sesuai dengan kebuuhan yang ada.

3.      Kemah Selamat Datang
Kemah Selamat Datang dilaksanakan unk menyambut penegak yang baru atau penerimaan pggalang/tamu menjadi anggota penegak.

4.      Materi Kepramuaan
Tujuan diberikannya materi kepramukaan adalah untuk memberi ilmu serta wawasan mengenai pramuka yang umbr pengetahuaanya berasal dri buku buku pramuka maupun pengalaman Dewan Kerja Ambalan.

5.      Ujian SKU Penegak
Ujian SKU Penegak dilakukan untuk memberikan ujian atau uji coba kepada anggota penegak terhadap syarat syarat yang tercantum di SKU yang harus dilaksanakan sebagaisala satu syarat untuk mengikuti kemah Batara.

6.     Kemah Pelantikan Bantara
Kemah Pelantikan Bantara ditujukan untuk membentuk pribadi peserta kemah Bantara menjadi sosok yang disiplin, berani dan setia, serta mandiri. Kemah ini dilakanakan setahun sekali.

7.     Perkemahan Akhir Tahun (PRATA)
PRATA ditujukan sebagai perkemahan persahabatan kepada sesame anggota Pramuka. Sekaligus sebagai kemah perpisahan untuk Dewan Kerja Ambalan yang habis masa jabatanya selama satu tahun.

8.     Kegiatan Sosial
Tujuan kegiatan social adalah untuk memberikan kepedulian kepaa orang lain melalui Bakti Sosial.

9.     Kegiatan Daerah
Tujuannya untuk menanbah kemampuan dan pengetahuan Pramuka Penegak.

10.   Kegiatan Regional
Tujuannya untuk melasanakan garis hibungan bimbingan dan konsultasi.

Itulah sedikit kegiatan penegak yang dapat kami sampaikan jika ada salah informasi atau salah kata dari kami, mohon bantuannya untuk berkomentar dibawah agar semua saling belajar dari sebuah kesalahan, Sekian penjelasan tentang Kegiatan Pramuka Penegak dan Salam Pramuka.