Sejarah Lengkap Kerajaan Mataram Insya Allah mulai Awal - Akhir

Sejarah KerajaanMataram – Salam Pramuka Semua and Assalamualaikum untuk yang non muslim Selamat datang dan semoga diberkati !!! Sobat kali ini kami akan membahas tentang Kerajaan Mataram kira-kira seperti apa sejarah kerajaan Mataram untuk lebih jelasnya mari kita bahas. Let’s Go!

Sejarah Kerajaan Mataram

Kerajaan Mataram yang didirikan oleh Sutawijaya. Kerajaan Mataram ini adalah kerajaan Mataram kedua yang bercorak islam. setelah naik tahkta pada tahun 1586 Sutawijaya bergelar Panembahan Senopati Ing Alogo Sayyidin Panotogomo. Mataram islam terletek di bekas kerajaan Mataram Hindu.
Pada awal pemerintahannya Senopati sudah dapat menguasai Madiun dan Ponorogo bahkan pada akhirnaya Jawa Tengah dan Jawa Timur dapat dikuasai. 
Candi Arjuna Peninggalan Kerajaan Mataram
Candi Arjuna Peninggalan Kerajaan Mataram
Kecuali ujung timur Jawa Timur yaitu Blambangan. Selanjutnya, Senopati berusaha memperluas kekuasaan ke Jawa Barat pada tahun 1595 M. Cirebon dan Galuh berhasil ditundukkan. Pada tahun 1601 M Blambangan yang dengan bantu bali dapat dikuasai. Setelah Senopati wafat tahun 1601 pemerintahan digantikan oleh Mas Jolang yang terkenal dengan Penembahan Seda Krapyak, artinya pangeran yang dimakamkan di Krapyak.

Pada masa pemerintahan Mas Jolang (1601-1613) sering  terjadi pemberontakan dari kota yang ingin memisahkan diri dari Mataram, seerti Ponorogo, Demak dan Surabaya. Pemberontakan ini berlangsung hingga Mas Jolang wafat. Sebagai penggantinya adalah Adipati Martapura. Namun dia memerintah tidak lama, kemudian digantikan saudaranya Raden Rangsang atau yang lebih dikenal dengan Sultan Agung yang memerintah sejak 1613-1645 M. 
Wilayah Kerajaan Mataram
Wilayah Kerajaan Mataram
sebutan Sultan Agung memliki arti Sultan yang besar karena pada pemerintahannya Mataram menjadi kesultanan yang sangat berkuasa di Jawa terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dibawah kepemimpinan sultan Agung Mataram mencapai punjak kejayaannya.

Kemajuan-kemajuan yang dicapai oleh Sultan Agung meliputi dari berbagai bidang mulai dari Ekonomi, Politik, Sosial dan Budaya

Bidang Politik :

  • 1.      Berhasil menyatukan kerajaan islam di Jawa.
  • 2.      Anti penjajahan ( Belanda )

Bidang Ekonomi :

  • 1.      Meningkatkan hasil panen.
  • 2.      Melakukan transmigrasi ke daerah yang subur yaitu Kerawang.

Bidang Sosial Budaya :

  • 1.      Menciptakan kebudayaan kejawen.
  • 2.      Menyusun tarikh / tahun jawa.
  • 3.      Mengarang kitab sastra gending ( kitab filsafat kehidupan dan kenegaraan), kitab Nitisruti, Nitisastra, dan Astabrata ( berita ajaran budi pekerti baik ).
Setelah sultan Agung wafat pemerintahan digantikan Amangkurat I (1645-1677 M), dan Amangkurat II ( 1677-1703 M). sejak saat itu Mataram berangsur-angsur mundur, bahkan terjadi perlawanan antar bangsawan dan perebutan tahkta kerajaan akibat campur tangan VOC. Yang akhirnya pada tahun 1755 Mataram di bagi dua memalui perjanjian Gianti  yaitu :

  • 1.      Bagian Timur (Kasunanan) – berpusat di Surakarta untuk Paku Buwono III.
  • 2.      Bagian barat berpusat di Yogyakarta untuk Pangeran Mangkubumi dan setelah naik tahkta bergelar Sultan Hamangkubuwono I.
Pada tahun 1757 terjadi perundingan Salatiga yang isinya :

  • 1.      Surakarta dibagi dua yaitu :
a.       Kasunanan tetap Paku Buwono III.
b.      Mangkunegaran untuk Pangeran Mas Said ( bergelar Mangkunegara I ).

  • 2.      Yogyakarta dibagi dua yaitu Kesultanan dan Paku Alaman.
Demikian sejarah singkat dari Kerajaan Mataram, kalau anda ingin bertanya silahkan komentarlah dibawah untuk bertanya kepada kami mengenai apa saja dan insya allah kalau ada waktu pasti kami balas komentar anda dengan sebisa mungkin, okelah Salam Pramuka and Assalamualaikum wr. wb, salam sejahtera untuk kita semua.