"Pengertian WOSM atau bunga Leli" (Lily) "Lambang Pramuka Dunia"

"WOSM atau Bunga Leli (Lily)" - Lambang WOSM atau lambang persatuan pramuka dunia adalah salah satu lambang yang dapat menyatukan pramuka diseluruh dunia. Di indonesia disebut bunga leli karena memang benar bentuknya itu seperti halnya bunga leli. the World Organization Of  The Scout Movement atau disingkat dengan (WOSM) memang sudah ada sejak dulu kala terkhusus saat persatuan pramuka dunia dibentuk.

WOSM digunakan pada setiap kegiatan pramuka seperti perkemahan maupun kegiatan Kepramukaan lainnya karena WOSM atau biasa disebut bunga LELI memang diharuskan untuk dikibarkan disetiap kegiatan kepramukaan untuk menunjukan rasa persatuan dan kesatuan untuk setiap anggota pramuka dimanapun mereka berada.
 World Organitation Of Scout Movement (WOSM)
World Organitation Of Scout Movement (WOSM)
Penggunaan WOSM atau bunga leli selalu dikaitkan dengan organisasi pramuka kuat yang terjalin sejak bapak pandu dunia ada namun kenyataan dari itu semua adalah salah karena lambang WOSM atau bunga leli ada sejak terbentuknya persatuan dan perkemahan pramuka dunia untuk pertama kalinya dan pada saat itulah WOSM atau bunga leli terbentuk.

Tidak sekedar dibentuk, namun lambang tersebut memiliki bagian tertentu sebenarnya karena itu sebenarnya adalah gabungan dari beberapa bagian yang disatukan sehingga menjadi satu simbol WOSM atau bunga leli berikut artian dari bagian bagian tersebut.
World Organitation Of Scout Movement (WOSM)
World Organitation Of Scout Movement (WOSM)

Arti dari bagian-bagian WOSM atau bunga LELI

  1. a.       Kompas, terletak pada tengah dari kedua daun leli atau bagian seperti jarum ditengan itu adalah sebuah jarum kompas. Hal ini dimaksudkan untuk mengingatkan para Anggota Pramuka untuk tidak belok dari jalan yang lurus dan merangkul orang kepada jalan lurus pula, seperti kompas yang selalu menunjukan arah.
  2. b.       Tiga simbol ditengah (Tiga simbol dalam satu ikat), melambangkan tiga janji pramuka.
  3. c.       Dua bintang pada daun samping WOSM atau LELI, Perlambangan dari seorang pramuka bertugas untuk menjadi penerang dari lainnya dan membantu yang lain untuk ikut berbuat baik dan meninggalkan jalan gelapnya.
  4. d.       Tali Pramuka yang melingkar dengan ujung Simpul Mati, Perlambangan semua Anggota Pramuka baik local maupun internasional adalah sahabat dan saudara dan berhak untuk berjabat tangan satu sama lain sehingga mempererat tali persaudaraan pramuka seluruh dunia.
  5. e.       Warna :
a.       Putih perlambangan Pramuka itu baik dan suci tidak memiliki niatan buruk antar sesama Pramuka.

b.       Ungu perlambangan dari rasa ingin mencoba dan keterampilan yang tinggi dari setiap anak pramuka contoh selalu berkreasi dalam tali temali dan lain sebagainya.