"Jenis - Jenis Jaringan Tumbuhan" lengkap singkat [dari Pramuka]

"Jenis-Jenis Jaringan pada Tumbuhan" Salam Pramuka !!! Sahabat Materi Anak Pramuka selamat datang diblog kami sekarang ini, untuk menyambut anda yang sedang mencari informasi mengenai Jaringan Tumbuhan kam telah menyediakannya untuk anda dibawah ini untuk lebih mempersingkat waktu lebih baik anda langsung mengambilnya dan membacanya, oke anf Congratulation,

Jenis-Jenis Jaringan pada Tumbuhan

Jaringan tumbuhan menurut kemampuan membelahnya dibagi menjadi dua yaitu Jaringan Meristem dan Jaringan Dewasa ( Permanen ). Jaringan Meristem biasanya di ujung akar atau ujung batang.
Jaringan Meristem

Jaringan meristem adalah jaringan dimana sel memiliki kemampuan untuk terus membelah. Ciri-ciri jaringan Meristem : sel kecil-kecil, dinding sel tipis, inti sel besar, dan Vakuola kecil.
Pengelompokan Jaringan Meristem.
  1. 1.      Berdasarkan asal terbentuknya.
  • a.      Meristem Primer.
Selnya merupakan perkembanggan langsung dari sel-sel embryonal contoh : kuncup, ujung batang, ujung akar.
  • b.      Meristem Sekunder
berasal dari jaringan dewasa yang telah mengalami diferensiasi. Contoh cambium.
  1. 2.      Berdasarkan Letaknya Jaringan Meristem di bagi menjadi
  • a.       Meristem Apikal, pada ujung akar atau ujung batang.
  • b.      Meristem Interkalar, terdapat diantara jaringan dewasa contohnya di pangkal ruas batang rumput.
  • c.       Meristem Lateral, terletak sejajar dengan permukaan organ tempat ditemukan misal Kambium dan Kambium gabus..
"Jenis-Jenis Jaringan pada Tumbuhan"
"Jenis-Jenis Jaringan pada Tumbuhan"

Jaringan Dewasa ( Permanen )

Jaringan Dewasa adalah jaringan yang telah mengalami diferensiasi dan tidak dapat membelah lagi.\
·         Jaringan Epidermis ( Jaringan Pelindung ). Ciri-ciri: perupakan jaringan terluar tubuhan, berfungsi melindungi jaringan dibawahnya, terdiri dari selapis sel yang pipih, berbentuk balok dan rapat. Jaringan Epidermis bisa mengalami diferensiasi menjadi Stoma, Trikoma, Sel kipas,sistolit, sel silica, dan sel gabus.

·         Jaringan Parenkim ( Jaringan Dasar ) terdapat pada seluruh lapisan tumbuhan. Ciri-ciri : sel berukuran besar dan hidup, bersegi banyak terdapat ruang antar sel yang berfungsi sebagai penghasil (melakukan fotosintesis) dan penyimpan makanan. Misalnya Klorenkim.

·         Jaringan Penyokong, dibedakan menjadi Jaringan Kolenkim dan Jaringan Sklerenkim.
  • a.       Jaringan Kolenkim
Jaringan Kolenkim adalah sel yang mengalami penebalan di dinding selnya. Fungsinya untuk menyokong tubuh tumbuhan yang masih muda dan tanaman herba. Contoh jaringan penyokong pada bagian terluar daun dan urat daun.
  • b.      Jaringan sklerenkim, 
merupakan jaringan yang seluruh selnya mengalami penebalan dinding sel, terdiri dari sel mati dengan dinding sel dari zat lignin. Fungsinya untuk menguatkan bagian tumbuhan yang sudah dewasa dan melindungi bagian dalam yang lebih lunak.
Sel Sklerankim dapat dibedakan menjadi dua macam:
  1. 1.      Serat Sklerenkim berbentuk benang panjang contonnya serat rami.
  1. 2.      Sklereid ( sel batu ) mempunyai dinding sel yang keras dan umumnya dimiliki oleh semua tumbuhan  terutama di dalam kuit kayu, pembuluh tapis, dan di dalam buah atau biji contohnya kulit kelapa.

·         Jaringan Pengangkut.

  • a.      Xylem ( Pembuluh Kayu ) tersusun atas unsur trakeal, serat xylem dan parenkim xylem berfungsi untuk mengangkut zat hara dari akar menuju ke daun.
  • b.      Floem ( Pembuluh Tapis/ Pembuluh Kayu ) tersusun atas unsur-unsur tapis, sel pengiring, serabut floem, dan parenkim floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan.

·         Jaringan Gabus ( Pariderma )

Jaringan yang dibentuk secara sekunder mengantikan epidermis batang dan akar yang telah menebal akubat pertumbuhan sekunder. Jaringan ini berfungsi untuk melindungi tumbuhan dari kehilangan air tampak pada tumbuhan Dikotil dan Gymnospermae.

Nah itulah sedikit ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai Jaringan Tumbuhan, jika anda berkebetulan memiliki pertanyaan untuk kami silahkan komentar dibawah atau langsung menghubungi email kami. dan jika anda ingin berbagi ilmu silahkan klik banner diatas bertuliskan ajakan tersebut dan baca intruksinya, Salam Pramuka anda Assalamualaikum wr.wb