Biografi Gus Dur (K.H Abdurrahman Wahid) singkat nan lengkap

Biografi Gus Dur ( K.H Abdurrahman Wahid ) - Assalamualaikum dan Salam Pramuka semuanya, kami sekarang ingin memberikan sebuah Biografi dari tokoh ternama bernama panggilan Gus Dur atau dikenal dengan nama asli K.H Abdurrahman Wahid. Okelah sekarang silahkan membaca Biografi Gus Dur tersebut, silahkan.

Kiai Haji Abdurrahman Wahid atau lebihdikenal sebagai Gus Dur Lahir di Jombang, Jawa Timur pada 7 September 1940 dari pasangan Wahid Hasyim dan Solichah. Dia adalah putra pertama dari emam bersaudara dari keluarga yang sangat terhormai dalam komunitas muslim Jawa Timur. Kakek dari ayahnya adalah K.H Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdatul Ulama ( NU ).
Biografi Gus Dur (K.H Abdurrahman Wahid)
Biografi Gus Dur (K.H Abdurrahman Wahid)
Sementara kakek dari pihak ibu, K.H Bisri Syansuri, adalah pengajar pesantren pertama yang mengajar kelas perempuan.. Ayah Gus Dur terlibat dalam Gerakan Nasional dan menjadi Menteri Agama Pada tahun 1949.

Pada saat ayahnya menjadi Mentri Agama Gus Dur ikut hijrah ke Jakarta dan Masuk ke SD KRIS sebelum pindah ke SD Matraman Pertiwi. Pendidikannya kemudian berlanjut menuju ke jenjang sekolah menengah pertama pada tahun 1954 dan Gusdur juga pernah tidak naik kelas pada waktu SMP. Tetapi bukan masalah intelektualnya. Ibunya kemudian mengirimnya ke Yogyakarta untuk meneruskan pendidikannya.

Pada tahun 1957 Gus dur menyelesaikan jenjang SMPnya kemudian dia pindah ke Magelang untuk belajar di pesantren Tegalrejo. Ia mengembangkan reputasi sebaga murid berbakat, dan menyelesaikan pendidikan pesantren dalam waktu dua tahun yang seharusnya di tempuh selama empat tahun.

Pada 1959, Gus Dur pindah ke pesantren Tambakberas di Jombang dan mendapat pekerjaan pertama sebagai guru sekaligus kepala madrasah. Pada 1963 Gus Dur mendapat beasiswa dari Deperteman Agama untuk melanjutkan pendidikannya ke Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Namun tidak menyelesaikannya karena kekritisan pikirannya. Gus Dur kemudian belajar di Universitas Baghdad. Meskipun awalnya lalai, namun pada akhirnya Gus Dur bisa menyelesaikan pendidikan Di Universitas Baghdad pada tahun 1970.

Kemudian Gus Dur pergi ke Belanda meneruskan Pendidikannya, guna belajar di Unifersitas Leiden. Gus Dur lalu pergi ke Jerman dan Prancis sebelum kembali ke Indonesia pada 1971. Gus Dur kembali ke Jkarta dan bergabung dengan Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), organisasi yang terdiri dari kaum intelektual muslim progresif dan social democrat.

Pada Musyawarah Nasional 19834, Gus Dur didaulat sebagai Ketua Umum NU, selama masa jabatan pertamanya Gus Dur Fokus dalam mereformasi system pendidikan pesantren dan berhasil meningkatkan kualitas pesantren sehingga dapat melindungi sekolah secular.

Pada 20 Oktober 1999, MPR bersidang dan memilih Presiden Baru, kemudian Gus Dur terpilih menjadi Presiden Indonesia Ke 4. Dan akhirnya pada tanggal 30 Desember 2009, Gus Dur menghembuskan nafas terakhirnya karena sakit komplikasi dan dimakamkan di Jombang.

Nah itulah sedikit banyak mengenai Biografi Gus Dur (K.H Abdurrahman Wahid) untuk lebih lengkapnya silahkan anda komentar untuk menanyakan sesuatu yang menurut anda kurang berkenan dihati, atau mengganjal difikiran, Okelah silahkan cari bacaan lain, Assalamualaikum and Salam Pramuka.