Wisata Sejarah Candi Singhasari / Singasari / Singosari pengertian lengkap

Wisata Sejarah Candi Singosari, Singhasari – candi singasari merupakan candi dengan agama anutan hindu budah serta merupakan peninggalan dari kerajaan Singhasari / singasari. Lokasi dari candi singhasari sendiri berada di desa candirenggo yang bertempat di kecamatan singosari, kabupaten malang raya, jawa timur indonesia.

Berasal dari batu andesit dengan teknik susunan tumpuk atau susun tata hingga mencapai ketinggian tertentu lalu setelah disusun diukir dari atas baru mencapai bawah. Wisata Sejarah satu ini memang terletak didesa singosari namun nama candinya Singhasari bukannya singosari. Itulah yang selama ini keliru dalam masyarakat karena singosari itu adalah nama kecamatannya.
Candi Singhasari, Singasari, Singosari
Candi Singhasari, Singasari, Singosari
Letak dari candi ini sekitar 10 KM bila ditempuh dari kota malang kemudian secara geografis ia terletak di lembah antara pegunungan Tengger dan Gunung Arjuna dengan ketinggian 512 m diatas permukaan air laut. Jadi bisa dibilang lebih baik saat kesana anda membawa jaket agar tidak kedinginan saat menjelang sore.

Candi Singhasari Menurut Kitab Negarakertagama

Jika kita mengacu pada kitab Negarakertagama juga disebutkan di Prasasti Gajah Mada bertanggal 1351 M yang ada di halaman komplek candi, candi Singhasari merupakan sebuah tempat pendarmaan atau perabuan (tempat abu) bagi raja singhasari yang terakhir bernama Kertanegara, ia meninggal pada kisaran tahun 1292 diakibatkan oleh serangan tentara Gelang – gelang dalam pimpinan Jayaktwang. Ada dugaan kuat bahwa candi ini belum selesai dibangun.
Arca Gwarapala Candi Singhasari
Arca Gwarapala Candi Singhasari

Struktur Candi Singhasari dan Kegunaan dari Bangunannya

Luas dari candi bukan sebuah halan namun sebuah komplek percandian dengan luas 200 x 400 m, terdiri atas beberapa candi. Dikompleks barat laut tepatnya dipojokan barat laut terdapat sepasang arca dengan ukuran raksasa berukuran hampir 4 meter tingginya, ia disebut dengan Dwarapala, posisi gadanya menghadap kebawah bukannya atas.

Hal tersebut dimaksudkan walaupun penjaga dari candi tersebut raksasa atau penjaga dari kerajaan singasari adalah raksasa namun masih memiliki kasih sayang terhadap semua makhluk hidup namun fungsi lainnya adalah ungkapan atau ucapan selamat datanng untuk semua orang atau pengunjung. Namun perlu diketahui karena arca Dwarapala hanya ada di Singasari saja.
Arca Resi Asgatya Candi Singhasari
Arca Resi Asgatya Candi Singhasari

Letak dan fungsi arca pada Candi Singhasari

Nama
Fungsi
Letak
Dwarapala
Penyambut tamu & penjaga
Barat laut kompleks candi
Kala dan amungkala
Penjaga Gerbang Barat
Gerbang barat
Ganesha / Ganapati
Penjaga batas Timur
Batas Timur
Resi Agastya
Penjaga Gerbang Selatan
Gerbang Selatan
Batari Gori / Gauri
Penjaga Gerbang Utara
Gerbang Utara
Lingga dan Yoni
Penjaga ruang utama
Ruang Utama
Bangunan utama candi terbuat dari batuan andhesit menghadap kearah barat, memakai alas berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 14 x 14 m dengan tinggi 15 m. Candi singhasari banyak menggunakan bahkan dapat dibilang kaya dengan ornamen berupa ukiran, arca, dan relief. Sebenarnya masih banyak arca lain seperti dewi prajnaparamita dengan fungsi dewi kebijaksanaan.

Namun karena kami sudah banyak sekali memberitahu anda jadi silahkkan beruknjung kembali jika anda masih ingin informasi lebih banyak lagi mengenai pelajaran, arkeologi, ataupun wisata sejarah, wisata kuliner, maupun wisata akhir pekan lainnya dan pastinya hanya di Materi Anak Pramuka dot blogspot dot com iya gak, Sekian Wisata Sejarah Candi Singhasari dari kami assalam.