Sistem Keanggotaan Gerakan Pramuka Indonesia Singkat

Sistem Keanggotaan Dalam Gerakan Pramuka - Mengenai hal tersebut mungkin sudah banyak yang tahu namun mungkin ada kalanya kita kurang paham jika menerka beberapa hal secara mentah mentah tanpa adanya sebuah klarifikasi terlebih dahulu.
Sesuai dengan AD & ART munas tahun 2013 Sistem Keanggotaan Gerakan Pramuka indonesia adalah warga masyarakat, penduduk, siswa, remaja dll pokoknya indonesia yang merupakan sukarela juga telah mendaftarkan dirinya sebagai anggota Gerakan Pramuka. Hal ini juga harus melewati syarat dan ketentuan tertentu, namun juga harus sudah dilantik atau diakui sebagai anggota.

Sistem Keanggotaan Gerakan Pramuka Indonesia
Sistem Keanggotaan Gerakan Pramuka Indonesia

Adapun Anggota Gerakan Pramuka antara lain :

  • Anggota Biasa

Anggota biasa dapat juga anda sebut sebagai anggota umum atau anggota dasar, dengan ketentuan telah memenuhi syarat dan peraturan yang ada di wilayah tersebut. Anggota biasa juga terdiri dari beberapa atau yang normal ada 2 yakni Anggota Muda dan Anggota Dewasa (tua).
  1. Anggota Muda macam macam anggota muda meliputi beberapa tingkatan seperti Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega.
  2. Anggota Dewasa, biasanya anggota ini terdiri dari beberapa bagian, namun secara umum anggota dewasa ini adalah seorang anggota yang telah berumur diatas 25 tahun atau telah melewati masa pandega. Tugas dari Anggota Dewasa ini sendiri seperti menjadi seorang pembina, menjadi pamong saka, penasehat, pemangku adat, dan masih banyak lagi lainnya.
  3. Anggota dewasa juga terdiri dari 2 macam  yakni 1. Anggota Aktif atau fungsioner 2. Anggota tidak aktif atau non fungsioner.
Atribut Keanggotaan Gerakan Pramuka
Atribut Keanggotaan Gerakan Pramuka

  • Anggota Khusus (Kehormatan)
Anggota Khusus (kehormatan) biasanya adalah salah satu anggota atau bahkan banyak anggota yang memiliki jasa luar biasa atau memiliki prestasi tingkat nasional atau internasional baik dewasa maupun muda.

Nah itulah sedikit Spesifikasi Sistem Keanggotaan Gerakan Pramuka yang telah kami persingkat untuk anda sekarang silahkan berterimakasih terhadap tuhan yang maha esa karena sudah mempertemukan kita dalam pertemuan hari ini silahkan submit email anda dikolom yang sudah kami sediakan terimakasih.