Sejarah Permainan Bola Voly beserta pengertian singkat [Olahraga]

SejarahPermainan Bola Voly ( volyball ) –  salam  apa kabar sobat pada kesempatan ini kita akan membahas sejarah permainan bola voly. Siapakah penemunya? Dan asal usulnya bagaimana? Simak pembahasan berikut ini :

Sejarah Permainan Bola Voly ( volyball )

Bola Voly adalah permainan yang di mainkan oleh dua grub berlawanan dan setiap grub terdiri dari enam pemain tujuan permainan ini adalah memasukkan bola melewati atas net ke area lapangan lawan dan menjaga lapangan sendiri dari serangan lawan. Badan induk internasionalnya FIVB (Federation Internationale de Volleyball) dan badan induk di Indonesia PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia ) Permainan bola voly pertama kali ikut pada ajang olimpiade pada tahun 1964.
Sejarah dan Pengertian Permainan Bola Voly
Sejarah dan Pengertian Permainan Bola Voly
Bola Voly pada awal-awal ditemukan disebut mintonette yang diciptakan oleh William G. morgan di YMCA ( young men’s Cristian association ) pada tanggal 9 Februari 1895 di Massacuset Amerika. YMCA merupakan organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran pokok Kristen pada pemuda yang didirikan 6 Juni 1884 di London oleh Goerge William.

Setelah bertemu dengan james neismith  (  pencipta permainan basket yang lahir pada 6 November 1861 dan meninggal pada 28 November 1938 ) dia menciptakan permainan yang bernama mintonette sama seperti james, William juga mendedikasikan hidupnya sebagai instruktur pendidikan jasmani. William G Morgan juga merupakan lulusan springfield college of YMCA. 
Pengertian Permainan Bola Voly
Pengertian Permainan Bola Voly
Mintonette ini diciptakan empat tahun setelah diciptakannya permainan basket oleh James Neismith, sebenarnya permainan mintonette mengkonbinasikan empat cabang olehraga menjadi satu yaitu handball ( bola tangan ), bola basket, dan yang terakhir baseball. Pada awalnya mintonette ini hanya dimainkan oleh anggota YMCA yang sudah tidak muda lagi oleh karena itu permainannya dibuat tidak seaktif permainan basket.

Perubahan nama mintonette menjadi valyball terjadi pada tahun 1896 ketika demonstrasi pertandingan pertamannya  di  international YMCA  training school. Pada awal tahun tersebut Dr luther harsey gulick ( Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) mengundang dan meminta Morgan untuk mengenalkan atau mendemonstrasikan permainan baru itu di kampus. 

Pada konferensi di YMCA Pada acara tersebut seluruh infrasruktur jasmani juga hadir. William membentuk dua tim dan setiap tim terdiri dari lima pemain. Dan morgan juga menjelaskan bahwa permainan ini bisa dilakukan di dalam, di luar ruangan dan juga di pantai  dan juga bisa dilakukan oleh banyak pemain. Tidak ditentukan batasan pemain pada saat itu dan sasaran nya adalah menjatuhkan bola ke area lapangan lawan yang melewati atas net dan menjaga areanya supaya tidak kemasukan bola.

Sampai di sini dulu pembahasa tentang sejarah dan pengertian permainan bola voly, kalau kalian ingin membaca mengenai Teknik dan Peraturan BolaVoly silahkan lihat disini. Nah itu saja yang bisa kami sajikan hari ini untuk lebihnya anda dapat datang lagi esok hari jika allah masih mengizinkan terimakasih, assalamualaikum.