Proses Lahir dan Sejarah Dinasti Bani Umayyah (SKI)

"DinastiBani Umayyah" - salam selamat pagi (biar tetap semangat) pada kesempatan ini materi yang akan kami kupas adalah sejarah dinasti bani umayyah. Bagaimanakah proses lahirnya dinasti ini dan khalifah-khalifah yang memerintah untuk lebih rinci simak dan pahami pembahasan berikut.

Proses Lahirnya Dinasti Bani Umayyah

Dinasti Umayyah terbentuk akibat dari adanya perang siffin dan sebelum itu juga pernah terjadi perang antara Ali dengan Aisyah istri Rosulullah SAW atau perang jamal (perang unta). Pendiri dinasti ini adalah Muawiyah bin Abi Sofyan.
Dinasti Bani Umayyah
Dinasti Bani Umayyah
Selain perang jamal dan perang siffin alasan lain sudah dimulai sejak enam tahun terakhir pemerintahan khalifah Usman bin Affan yaitu karena adanya KKN ( kolusi, korupsi, dan nepotisme) yang dilakukan keluarga usman yang menjabat posisi strategis. lama-lama KKN semakin membuat rakyat menjadi resah. Kemudian muncul gerakan anti KKN tapi  gerakan ini semakin kejam dan tidak dapat dikendalikan akhirnya menyebabkan terbunuhnya khalifah Usman oleh al-ghofiqi dan istrinya terluka.

Karena kedudukan khalifah kosong umat islam membaiat Ali sebagai khalifah baru namum ada pihak yang tidak setuju dengan pengangkatan Ali diantaranya : Thalhah Bin Ubaidillah, Zubair Bin Awwam dan Aisyah mereka menuntut  untuk menuntaskan dan mengadili pembunuh Usman sebelum mengangkat khalifah baru akibat kejadian ini pecahlah perang jamal. Di lain pihak Muawiyah di Damaskus juga menuntut hal sama dengan Thalhah, Zubair Dan Aisyah akibatnya pecahlah Perang Siffin.

Sejarah Bani Umayyah

Ibu kota : Damaskus

Pemerintahan : Monarki

Bahasa : Arab.

Khalifah Pertama : Muawiyah Bin Abi Sofyan.

Khalifah terakhir : Marwan Bin Muhammad

Massa pemerintahan : didirikan 660 M dan berakhir pada 750 M.

Agama : islam.

Keberhasilan : Bani Umayyah sangat terkenal dalam politik ekspansi.

Latar belakang : terjadinya perang siffin yang diakhiri peristiwa tahkim kemudian di sahkan oleh anak Ali yaitu Hasan bin Ali yang di kenal sebagai Tahun penyatuan ( amul jamaah).
Bekas Kerajaan Dinasti Bani Umayyah
Bekas Kerajaan Dinasti Bani Umayyah
Dinasti Umayyah adalah kekhalifahan pertama setelah masa khulafaur rasyidin.  Nama Umayyah merujuk pada seorang quraisy di masa Arab Jahiliyah yaitu Umayyah bin Abdus syam bin Abdi Manaf. Masih terhitung saudara dengan Bani Hasyim. Keluarga umayyah memang sudah terkenal kaya sejak zaman jahiliyah, setelah islam datang keluarga umayyah menentang islam karena dianggab merubah  keadaan social, ekonimi dan politik di Makkah  oleh karena itu keluarga umayyah memusuhi Nabi Muhammad SAW.

Dan merencanakan mengagalkan gerakan reformasi yang dilakukan nabi. Sampai pereng besar pun dilakukan antara lain perang Badar, Perang Uhud dan Perang Khandaq yang melibatkan Abu sofyan. Abu sofyan masuk islam ketika terdesak penyerangan yang dilakukan ribuan kaum muslimin yang mengepung Makkah. 

Walaupun banyak pihak yang tidak setuju atas masuknya Abu Sofyan tetapi nabi Muhammad memaafkan kesalahan-kesalahan Abu Sofyan bahkan nabi mengangkat putra Abu Sofya sebagai sekertarisnya dan saudara perempuannya ummu habibah diperistri oleh rosullulah. Setelah beberapa tahun bergabung keluarga terdidik dan berpengaruh ini ikut membesarkan agama islam. 

Peran keluarga Umayyah pada masa Abu Bakar, Umar, Usman berjalan dengan baik tapi pada masa kekhalifahan Ali keluarga Umayyah yang menjabat posisi penting semua dicopot akibatnya terjadilah perang  antara Ali dan Muawiyyah. Keberuntungan memang memihak pada Keluarga Umayyah pada perang siffin diangkatlah Muawiyyah sebagai khalifh tandingan.

Bahkan yang lebih beruntungnya lagi hasan yang mengantikan posisi ayahnya mengakui kepemimpinan Muawiyah secara sah ke seluruh wilayah islam.

Masa pemerintahan Dinasti bani Umayyah berlangsung sekitar 90 tahun dengan 14 khalifah yang berkuasa antara lain:
  1. Muawiyah Bin Abi Sofyan (41-60 H/ 661-680 M)
  2. Yazid Bin Muawiyah (60-64 H/ 680-684 M)
  3. Muawiyah Bin Yazid (64H/684 M)
  4. Marwan Bin Hakam (64-65 H/ 684-685 M)
  5. Abdul Malik Bin Marwan (65-86 H/ 685-705 M)
  6. Walid Bin Abdul Malik (86-96 H/705-715 M)
  7. Sulaiman bin Abdul Malik (96-99 H/715-717 M)
  8. Umar Bin Abdul Aziz (99-101 H/ 717-720 M)
  9. Yazid bin Abdul Malik. ( 101-105 H/720-724 M)
  10. Hisyam Bin Abdul Malik (105-125 H/724-743 M)
  11. Walid Bin Yazid (125-126 H/ 743-744 M)
  12. Yazid bin Malik (126-127 H/744-745 M)
  13. Ibrahim bin Malik (127-127 H/ 745 M)
  14. Marwan bin Muahammad (127;132 H/745-750 M)
 Dengan empat Khalifah terkenal antara lain
  •  Muawiyah bin abi Sofyan.
  •  Marwan Bin Hakam..
  • Al-Walid bin Abdul Malik.
  • Umar bin Abdul Aziz.
Oke itulah sedikit informasi mengenai Sejarah Bani Ummayah, Proses Lahirnya Bani Umayyah, dan Khalifah yang terkenal pada masa bani ummayah. Sampai disini dulu pembahasannya insyaallah berlanjut. Sebagai pembaca yang baik pasti akan like bacaan yang sudah memberi informasi. Terimakasih semoga bermanfaat.