[Pengertian dan Sumber Sejarah] Kerajaan Tarumanegara Lengkap

Sejarah Kerajaan Tarumanegara – sekarang kami ingin menunjukan sesuatu ya bisa dibilang sebuah sejarah kepada anda semua yakni tentang Sejarah Kerajaan Tarumanegara. Sejarah Kerajaan Tarumanegara memiliki berbagai makana dan sesuatu yang perlu dikupas didalamnya. Letak Kerajaan Tarumanegara berada pada letak yang terlbilang strategis yakni di sungai Cisadane Jawa Barat.

Nama dari kerajaan ini diambil dari kata Tarum yang berarti Biru atau Nila, bahkan sampai saat ini nama Tarum masih digunakan contohnya saja nama sunga di indonesia yakni sungai Citarum, Citarum sendiri memakai 2 bagian yakni Ci = Sungai dan Tarum = biru / Nila. Kerajaan Tarumanegara didirikan oleh raja pertamanya yakni RajadiRajaguru Jayasingwarman.
Wilayah Kerajaan Tarumanegara
Wilayah Kerajaan Tarumanegara
Raja pertama digantikan oleh Putranya yang bernama Dharmayawarman, kemudian untuk wilayah kekuasaan Kerajaan Tarumanegara memang tidaklah cukup luas namun cukup untuk menjadi salah satu wilayah kerajaan di indonesia wilayahnya sendiri meliputi Banten, jakarta, cirebon (namun hanya sampai perbatasannya saja).

Pada saat kekuasaan ada pada tangan Raja Purnawarman wilayah kekuasaannya sudah hampir meliputi seluruh wilayah jawa barat namun setelah itu Kerajaan Tarumanegara mulai mengalami penurunan setelah pergantian jabatan.

Sumber Sejarah Kerajaan Tarumanegara

  • Prasasti
Dari Prasasti yang ditemukan memang tidaklah begitu lengkap namun sudah dapat mewakili bukti adanya keberadaan dari Kerajaan Tarumanegara. Prasasti tersebut banyak yang menggunakan huruf Sansekerta juga huruf Palawa. Prasasti yang dimaksud ialah prasasti inti seperti Prasasti Ciaruteun, Kebon Kopi, Kolaengkak, Cidanghiang, Pasir Awi, dan yang terakhir adalah Prasasti Tugu.
Prasasti Tugu Kerajaan Tarumanegara
Prasasti Tugu Kerajaan Tarumanegara
  • Berita Asing 
Berita Asing ini berasal dari daerah China, berasal dari zaman Dinasti Tang disebutkan bahwa ada seorang pendeta bernama Fa-Hien terdampar di pantai utara Jawa diperkirakan tahun 414. Terdamparnya Fa-Hien kemungkinan saat ini karena ia ingin kembali kedaerah asalnya China setelah ia dari India. Dalam catatan perjalan yang dibawanya saat terdampar ia menjumpai masyarakat setempat dari Kerajaan Tarumanegara.

Kehidupan Politik

Pada masa Raja Punawarman kerajaan Tarumanegara berhasil mencapai masa kejayaannya. Raja Punawarman dapat dikatakan sebagai Raja terkuat dan paling besar pengaruhnya terhadap masyarakat karena pada saat pemerintahannya rakyat hidup makmur dan sejahtera serta menghormati Raja Purnawarman pada kala itu.
Prasasti Ciaruteum Kerajaan Tarumanegara
Prasasti Ciaruteum Kerajaan Tarumanegara

Kehidupan Masyarakat

KEhidupan masyarakat Kerajaan Tarumanegara memang sangatlah biasa kalau kami yang mengatakan namun kebiasaan mereka itulah yang membuat mereka makmur dan suka bersosialisai degan sesama. Sistem matapencaharian Rakyat Tarumanegara memacu pada sektor pertanian, dan maritim atau nelayan, Kehidupan gotong royong masih menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah.

Nah itulah sedikit Materi Kerajaan Tarumanegara yang kami kupas dari buku besar paket pelajaran Sejarah SMA untuk selanjutnya kami akan terus mengupas sejarah di indonesia bahkan luar negri hingga tuntas.