Pengertian Transpor Zat Pada Sel Melalui Membran Sel

Transpor Zat Melalui Membran Sel - apa kabar sobat ketemu lagi nih! Teman-teman masih ingat gak struktur dan fungsi sel  tapi kali ini kita gak bahas itu mengapa tidak kita bahas? kan udah dibahas kemaren, kali ini kami akan membahas transpor pada sel dan istilah istilah didalamnya untuk lebih lengkapnya cekidot langsung pada pembahasan ya! J


Dalam kehidupannya sel melakukan respirasi oleh mitokondria, menyerap nutrisi dan vitamin, memasukan dan mengeluarkan air serta bereksresi. Zat akan diangkut baik ke dalam atau keluar dengan mekanisme transport zat melalui membrane sel yang bersifat semi parmeabel atau selektif parmeabel. Transport zat yang terjadi pada sel, baik antar sel atau organel sel dapat melalui dua cara yaitu transport pasif dan transport aktif.
Pengertian Transpor Zat Pada Sel
Pengertian Transpor Zat Pada Sel

Transport pasif

Transport pasif adalah transport pada membrane sel yang tidak memerlukan energy misalnya difusi dan osmosis.

a)      Difusi
Difusi adalah perpindahan zat dari larutan yang berkonsentrasi tinggi (hipertonis) ke konsentrasi rendah (hipotonis) melalui membran plasma ataupun tidak sehingga konsentasinya sama (isotonis). Difusi dibedakan lagi menjadi dua:
§  
      Difusi Sederhana, misalnya molekul gula akan menyebar ke seluruh molekul air atau larutan tanpa diaduk.
§        
      Difusi Terfasilitasi (facilitated diffusion) adalah difusi yang memerlukan protein pembawa (carrier protein) misalnya enzim. Pada proses difusi terbantu molekul seperti asam amino, gula tidak dapat melewati membrane plasma tetapi melewati saluran yang ada pada protein pembawa
Pengertian Transpor Zat Pada Sel
Pengertian Transpor Zat Pada Sel
b)      Osmosis
Osmosis adalah perpindahan zat pelarut atau air dari larutan hipotonis ke larutan hipertonis melalui membrane sel. Pada osmosis memnugkinkan terjadinya lisis (robeknya membrane plasma), krenasi (mengerutnya sel), dan plasmolysis (lepasnya membrane plasma dari dinding sel)

Transport Aktif

Transport Aktif adalah transport pada membrane sel yang memerlukan energy untuk keluar masuknya ion dan molekul. Transport aktif bersifat melawan gradient dengan energy ATP (adenosine trifosfat). Transport aktif pada membrane sel sebagai berikut:
susunan Pengertian Transpor Zat Pada Sel
Susunan Pengertian Transpor Zat Pada Sel
      Endositosis dan Eksositosis

Endositosis adalah peristiwa masuknya zat melalui membrane plasma. Endositosis di bedakan menjadi Pinositisis dan Fagositosis, Pinositosis adalah peristiwa memakan zat cair dan Fagositisis adalah peristiwa meakan zat padat contohnya pada Amoeba yang memakan bakteri. Eksositosis adalah peristiwa mengeluarkan zat melalui membrane sel  contoh: proses sekresi enzim oleh kelenjar
·         
      Pompa Natrium-Kalium

Proses ini terjad apabila konsentrasi kalium di dalam sel lebih tinggi dibandingkan sekelilingnya sedangkan konsentrasi natriumnya lebih rendah. Sehingga membrane meneluarkan 3 natrium dan memasukkan 2 kalium.

Oke kan pembahasan dari kak Ayu tadi, nah sekarang kami mau nulis lagi, kalau kalian ingin request pelajaran silahkan isi formulir atau langsung kungjungi kami di kolom komentar atau kalau masih kebingungan silahkan send Gmail ke gandisuseno14@gmail.com oke. sekian Transpor Membran sel atas perhatian terimakasih.