Pengertian Sandi Ambalan Pramuka Penegak

Pengertian Sandi Ambalan - Salam Pramuka Kakak !!! Sekarang kami ingin membahas mengenai Sandi Ambalan Pramuka. Pertama kita harus mengerti dahulu sebelum melanjutkan membahas tentang sandi ambalan pramuka penegak. Oke silahkan anda pahami pengertian sandi ambalan dibawah ini :)

Apa Itu Sandi Ambalan?


Sandi Ambalan adalah sebuah karya atau hasil karya semua anggota ambalan di gugus yang bersangkutan yang berisi curahan hati bisa, gagasan juga bisa, ide atau hal hal lain mengenai peraturan atau moto pada pramuka penegak ambalan. Biasanya sandi ini difungsikan dalam apel dan lainnya dalam kegiatan ambalan, nah kalau fungsinya akan kita bahas dibawah.
Sandi Ambalan Pramuka Penegak
Sandi Ambalan Pramuka Penegak
Sandi Ambalan merujuk pada perbuatan positif dan memicu perilaku kreatif sehingga dapat memupuk hasrat untuk melakukan hal hal bersifat membangun baik membangun masyarakat atau membangun diri sendiri agar mendai pribadi yang lebih baik, terdengar seperti moto bukan!

Apa sih Fungsi Sandi Ambalan?

Sandi Ambalan berfungsi sebagai alat komunikasi secara alam bawah sadar kepada setiap anggota ambalan juga anggota pramuka penegak di gugus tersebut, maksudnya disini ialah memasukan sugesti terhadap alam bawah sadar setiap anggota agar mempunyai sifat dan kepribadian positif seperti pada isi dari sandi ambalan itu sendiri.

Fungsi selanjutnya ialah digunakan untuk pembukaan atau penutupan apel, upacara, upacara adat dan lainnya yang berhubungan dengan pramuka penegak sebagaimana adat yang ada disana. Sebagai sebuah janji yang diucapkan secara tidak langsung oleh setiap anggota ambalan, jadi inilah yang menjadi sebuah sugesti akan sebuah alam bawah sadar dari setiap anggota ambalan.

Contoh Sandi Ambalan Pramuka Penegak

- Di Sanalah ia berdiri 
- putra putri indonesia sejati 
- tegak tubuhnya
- teguh imannya
- amal ibadah menghias hidup nya
- manusia yang selalu taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

- Yakin akan keesaan dan keagungan Nya
- selalu mensyukuri nikmat tuhan yang dirasakannya
- dengan melindungi alam dan melestarikan lingkungan 
- ciptaan Tuhan yang tiada bandingnya

- tegak, diam dan tenang
- selalu mensyukuri nikmat Tuhan yang dirasakannya
- dengan melindungi alam dan melestararikan lingkungan 
- ciptaan tuhan yang tiada bandingnya

- tegak diam dan tenang
- wajahnya cemerlang 
- matanya memancarkan sinar kasih sayang 
- yang menggurdi hati orang 
- sikapnya yang ramah dan sopan 
- ciri ksatria yang tampan 
- patriot indonesia yang dibanggakan 
Nah itulah sedikit penjelasan mengenai sebuah Sandi Ambalan Pramuka Penegak dengan contoh cuplikan dari Sandi Ambalan Awang Wisnuaji. Okelah itu saja yang dapat kami sampaikan jika ada pertanyaan silahkan tuliskan dikolom komentar jika ada waktu akan langsung kami jawab, atau ke-Email kami gandisuseno14@gmail.com.