Pengertian Pramuka Siaga lengkap dengan TKU dan syarat Siaga

                     PRAMUKA SIAGA

Pramuka Siaga adalah pramuka yang diikuti siswa berumur 7- 10 tahun  yang mempunyai  satuan terkecil yang disebut BARUNG , Dan kelompok besar disebut PERINDUKAN. Biasanya”Barung” menggunakan warna , misalnya Merah, kuning, hijau dan lain sebagainya. Sebuah Barung beranggotakan 6-10 orang siaga yang dipimpin oleh PINRUNG, (PIMPINAN BARUNG) dan di tunjuk oleh Barung itu sendiri. Masing- masing  pinru akan memilih satu orang dari mereka yang menjadi sulung yaitu pemimpin PERINDUKAN yang terdiri dari beberapa Barung.
Pengertian Pramuka Siaga
Pengertian Pramuka Siaga
KODE KEHORMATAN
Kode kehormatan bagi pramuka siaga ada 2 yaitu DWI SATYA  dan  DWI DHARMA, Dwi  Satya  adalah janji pramuka siaga sedangkan Dwi Dharma ketentuan moral pramuka.
BUNYI dari Dwi Satya 
  • 1. Menjalankan  kewajiban  terhadap  Tuhan  ,  Negara  kesatuan  Indonesia ,dan mengikuti tata krama keluarga.
  • 2. Setiap hari berbuat kebajikan.    

BUNYI dari Dwi Dharma

·  Siaga berbakti kepada ayah dan ibundanya
·  Siaga berani dan tidak putus asa
Keduanya adalah standar moral bagi seorang pramuka siaga dalam bertingkah laku di masyarakat. Jadi jika ada seorang siaga yang tingkah lakunya tidak bermoral / tidak sesuai dengan stsndar ini maka orang itu belum di anggap sebagai  pramuka seutuhnya .

SYARAT KECAKAPAN

Syarat kecakapan umum (SKU) adalah syrat wajib yang harus  di penuhi oleh seorang siaga agar memperoleh TKU (Tanda kecakapan umum) , TKU dalam siaga dibagi menjadi 3 , yaitu:
  • ·         SIAGA MULA
  • ·         SIAGA BANTU
  • ·         SIAGA TATA
Cara Berpakaian Pramuka Siaga
Cara Berpakaian Pramuka Siaga

SYARAT KECAKAPAN KHUSUS 

Syarat kecakapan khusus adalah syarat wajib yang harus dipenuhi oleh pramuka siaga untuk mendapatkan TKK(Tanda kecakapan khusus )  dalam siaga hanya ada satu tingkatan .
  • TANDA KECAKAPAN
  • TANDA KECAKAPAN UMUM
Tanda kecakapan umum (TKU)  Pramuka siaga  di tempelkan di lengan baju sebelah kiri di bawah tanda Barung , TKU ini berbentuk sebuah janur  hal ini di ambil dari kebiasaan para pahlawan untuk menandaka n  pangkat seseorang .
  • TANDA KECAKAPAN KHUSUS
Tanda kecakapan khusus (TKK) pramuka siaga berbentuk segitiga sama sisi . TKK dipasang di lengan baju sebelah kanan membentuk setengah lingkaran di sekeliling tanda Kwarda dengan puncak menghadap kebawah .

DALAM   PRAMUKA  SIAGA     
v  Pembina  putra dipanggil Yanda dan Pembina putrid dipanggil  Bunda
v  Pembantu Pembina putra  dipanggil Pakcik dan pembantu Pembina putri di panggil Bucik
v  Bentuk barisan dalam Upacara adalah lingkaran, dan Pembina berada ditengahnya
v  Kegiatan Siaga salah satunya Pesta Siaga yang berupa Perkemahan satu hari tanpa menginap.