Pengertian Pramuka Penggalang lengkap dan singkat

Pengertian Pramuka Penggalang – Kalau mengatakan mengenai Pramuka Penggalang pasti kita sudah menebak rata rata anak sms iya gak namun juga tidak semuanya penggalang itu dari smp karena walaupun sd / mi kan juga sudah ada yang berumur diatas 10 tahun jadi mereka juga pantas disebut sebagai Pramuka Penggalang. Pramuka Penggalang adalah sebuah golongan Pramuka berusia 11 sampai 15 tahun, maka semua anak pramuka yang sudah berusia 11 tahun disebut penggalang.

Memang dalam Pramuka ada 4 kelompok anak didik atau kelompok anggota pramuka dibagian pertama ada kelompok Siaga, dan penggalang menempati kelompok ke 2 pada runtutan kelompok tersebut. Kelompok ke 3 dan ke 4 ditempati oleh penegak dan pandega, namun karena sekarang kita akan membahas mengenai penggalang sekarang kita lanjutkan ke Penggalang.
Gerakan Pramuka Penggalang
Gerakan Pramuka Penggalang
Pramuka Penggalang juga memiliki tingkatan tertentu seperti Ramu, Rakit, Terap dan juga memiliki Tanda Kecakapan Khusus (TKK) yang dapat ditempuh melalui ujian terhadap pembina atau melakukan perintah didalamnya secara langsung. Sama halnya dengan penempuhan Ramu, Rakit, Terap mereka juga harus memenuhi Syarat Kecakapan Khusus (SKK) ini juga dapat ditempuh melalui ujian kepada pembimbing dan melakukan praktek langsung.

Kata “Penggalang” memang suatu kata yang tidak langsung adanya, kata penggalang diambil dari peristiwa sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928 yang menjadi salah satu romantisme dari perjuangan rakyat dan pemuda indonesia pada kala itu. Penggalang ini diambil dari kata “Penggalangan pemuda” pada saat kongres pemuda pada waktu sumpah pemuda 28 Oktober 1928 itu.

Pramuka Penggalang juga memiliki Kode Kehormatan

Kode Kehormatan milik pramuka penggalang sama halnya dengan pramuka Penegak dan Pandega yakni memakai Tri Satya dan DasaDarma, perbedaannya dari pramuka Siaga ialah pada Tri Satyanya, jika Pramuka Penggalang memakai Tri Satya sedangkan Pramuka Siaga hanya memakai Dwi Satya. Seperti biasanya untuk Dasadarma sama saja dengan dasadarma pramuka biasanya yang bersifat membangun moral dan perilaku mendidik.

Organisasi, Kelompok atau Regu dalam Pramuka Penggalang

Regu atau Kelompok pada Pramuka Penggalang sama seperti biasanya untuk regu terdiri dari 5 – 10 orang untuk satu ppasukan terdiri dari 20 orang (2 Regu) sampai dengan 40 orang (4 Regu) maksimal untuk jumlahnya terdiri dari separuh putra dan separuh putri, jadi jika memakai satu pasukan 20 orang berarti ada 10 putra atau satu regu dan 10 putri satu regu pula dan juga seterusnya.

Pramuka Penggalang juga memiliki pembantu pembina yang biasa disebut dengan Dewan Galang atau Dewan Penggalang. Dewan Galang ini terdiri dari Pramuka Penggalang pilihan dan sudah lebih senior dari lainnya jadi dapat dibilang sudah lebih berpengalaman dari lainnya namun masih Penggalang. Dalam Dewan Galang untuk penyebutan anggotanya memakai kata “Kakak” untuk masing masing anggota begitu pula cara panggil penggalang lainnya terhadap Dewan.

Regu Penggalang juga memiliki seorang Pimpinan regu yang disingkat dengan nama PinRu (Pimpinan Regu) ada juga wapinru (Wakil pimpinan Regu). Jika dalam satu pasukan ada sebutan untuk pimpinan Regu utama (Pratama) biasanya dipakai untuk menjadi pimpinan upacara atau apel sebelum melakukan kegiatan.

Seragam Standart Prmauka Penggalang

Pramuka Penggalang juga memiliki Sragam standart seperti contohnya dibawah ini :
Seragam pramuka penggalang untuk putra :
Seragam Standart Pramuka Penggalang Putra
Seragam Standart Pramuka Penggalang Putra
Seragam Pramuka penggalang untuk Putri :
Seragam Standart Pramuka Penggalang Putri
Seragam Standart Pramuka Penggalang Putri

Tanda Kecakapan Pramuka Penggalang

Pramuka Penggalang juga memiliki Tanda Kecakapan baik itu Umum atau Khusus, untuk memenuhi tagihan atau ujian Ramu, Rakit, Terap kita dapat menggunakan SKU (Syarat Kecakapan Umum) untuk menjadi seorang penggalang ramu, rakit, terap tentu saja memiliki tingkatan kesulitan tersendiri. Lalu untuk tanda TKK (Tanda Kecakapan Khusus) ada bukunya sendiri yakni tkk itu sendiri hasilnya dapat ditaruh di selempang atau dipasang dibaju pramuka.

Itula sedikit namun lengkap mengenai Pengertian Pramuka Penggalang yang dapat kami sajikan untuk anda semua jika ada kurangnya silahkan komentar dibawah pasti kami balas namun jika tidak ada kurang juga tidak apa apa untuk komentar juga karena untuk memberi kami saran lebih baik lagi dari sekarang, oke Salam Pramuka !!!!.