Kode Kehormatan Pramuka Lengkap namun Singkat

Kode Kehormatan Pramuka - Kode kehormatan Pramuka memang menjadi salah satu hal wajib jika kita mengikuti jalannya Pramuka, saat kita ingin melakukan sesuatupun pastilah kita berdasarkan dengan kode kehormatan pramuka. Setiap tingkatan Pramuka memiliki Kode Kehormatan tersendiri seperti Pramuka Siaga dengan Dwi Satya dan Pramuka Penggalang dengan Tri Satya.

Kode Kehormatan dari Pramuka sendiri adalah satya dengan makna janji dan pengendali moral yang disebut dengan Darma. Dengan adanya kedua hal tersebut diharapkan akan timbul rasa moralitas tinggi dengan janji suci yang mengikat setiap anggota gerakan pramuka. Kode kehormatan dari pramuka sendiri disebut janji atau Satya yang memiliki ketentuan dibawah ini.

Baca Juga :
  1. Sistem Keanggotaan Gerakan Pramuka Indonesia Singkat

Kode Kehormatan Gerakan Pramuka
Kode Kehormatan Gerakan Pramuka


  • Pengucapan janji dilakukan dengan syarat sukarela oleh calon anggota Gerakan Pramuka dengan ketentuan juga telah memenuhi syarat untuk menjadi anggota Gerakan Pramuka.
  • Tindakan dengan asas kemanuan sendiri dari dalam jiwa untuk membenahi diri dari baik menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.
  • Dan masih banyak atau sedikit  untuk ketentuan dalam janji atau Satya.
Kode Kehormatan juga dapat disebut dengan darma seperti yang kami bilang pada sedikit cuplikan diatas, memang Kode Kehormatan Pramuka menjadi salah satu hal wajib untuk kita para anggota gerakan pramuka. Sama halnya dengan Satya, Darma juga memiliki ketentuan dan fungsi tersendiri untuk dilakukan nah berikut ketentuan dan fungsinya.
Baca Juga :
  • Menjadi alat untuk mengembangkan budi pekerti luhur dengan moral baik dan rasa kasih sayang.
  • Sebagai motivator untuk melakukan kegiatan yang dapat membuat mental menjadi lebih baik.
  • Menjadi sebuah landasan atau pijakan untuk berjalannya gerakan pramuka dalam segi moral, mental, prilaku, dan sifat untuk menjadikan para anggota lebih baik dan terbaik.
  • Salah satu Kode etik untuk Kehormatan Pramuka.
Kesimpulan Kode Kehormatan Pramuka yang menjadi salah satu janji serta landasan bagi gerakan pramuka adalah Kode Kehormatan Pramuka ini telah menjadi salah satu penyemangat, pendorong, pembantu, dan penopang dari berjalannya gerakan pramuka.

Nah itula sedikit hal mengenai Kode Kehormatan Pramuka yang sudah lama menjadi teman bagi para anggota pramuka yang telah melaksanakan juga telah menjaga kehormatan ptamuka. Terimakasih atas kedatangannya untuk sesi ini selamat beraktifitas, Salam Pramuka !!!