Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia lengkap banget [Olahraga]

Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia  – Hai sobat pasti pernah meliahat pertandingan sepak bola. Sebagai pecinta sepak bola sejati harus tahu sejarah Sepak Bola itu seperti apa. pada kesempatan ini kami akan membahas bagaimana sepak bola itu dibentuk karena bagaimanapun pengetahuan itu penting bukan maka dari itu kami membuat artikel ini.

Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia memang menjadikan semua orang menjadi gila akan si kulit bundar ini karena terbukti sudah berabad abad manusia menyukai permainan ini makanya anda harus mengetahui filosofinya juga untuk memainkannya oke, silahkan.
Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia
Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia

Sejarah Sepak Bola dunia


Sepak Bola adalah permainan beregu yang setiap regu terdiri dari 11 pemain inti dan 7 pemain cadangan tujuan permainan ini adalah memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan menjaga gawang sendiri agar tidak kemasukan bola sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pencipta permainan ini tidak di ketahui tetapi permainan sepak bola sudah ada mulai abad ke-2 sampai ke 3 sebalum masehi di tiongkok pada masa Dinasti Han pada masa itu masyarakat menggiring bola dan memasukkannya ke jaring kecil. Di jepang juga dimainkan permainan yang serupa yang disebut kemari. Di italia permainan menendang dan mengiring bola  digemari mulai abad ke-16 masehi.

Sepak bola modern terkenal di Inggris dengan menetapkan peraturan-peraturan dasar dan digemari banyak orang. Dibeberapa kompetisi sering terjadi kekerasan sepanjang permainan sehingga raja Edward melarang permainan sepak bola pada tahun 1365, raja James dari Skotlandia juga berpendapat sama bahwa olahraga harus dihentikan.

Sekitar tahun 1800-an permainan sepak bola dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara inggris ke berbagi Negara. Pada tahun 1815 perubahan besar menyebabkab sepak bola terkenal di kalangan universitas dan sekolah kelahiran sepak bola terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul untuk membuat peraturan baku permainan sepak bola modern. 

Pada saat itu terjadi pemisahan antara permainan rogby dengan sepak bola. pada tahun 1869 membawa bola dengan tangan mulai dilarang. Dan pada tahun 1900 pertandingan sepak bola sudah dimainkan diberbagai Negara di tahun ini juga merupakan tahun pertama sepak bola bermain di olimpiade internasional. Pada tahun 1904 dibentuklah orgaisasi induk sepak bola seluruh dunia (FIFA)
Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia
Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia
Sejarah Sepak Bola Indonesia

Permainan sepak bola di Indonesia berawal dari dibentuknya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI ) di jogyakarta pada 19 April 1930 yang dipimpin Soeratin Sosrosoegondo pada kongres PSSI di solo organisasi tersebut dirubah menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia sejak saat itu sering diadakan pertandiang di alun-alun dan jalan tempat kompetisi.

Sebagai dukungan kebangkitan persepak bolaan Indonesia Paku Buwono X membangun lapangan “sriwedari” yang berdampak semakin gancarnya permainan sepak bola. Sepeninggal  Soeratin Sosrosoegondo sepak bola di tanah air tidak begitu memuaskan karena pembinaan tim tidak diimbangi  pengembangan organisasi dan kompetisi. Sebelum tahun 1970-an pemain Indonesia pernah bermain diajang internasional diantaranya Sucipto Suntoro, Tan Liong Houw, Ronny Pattinasarani, Remang. 

Dalam perkembangannya PSSI telah mengembangkan permainan sepak bola dengan mengadakan Liga Super Indonesia. Divisi utama, Divisi satu, Divisi dua untuk pemain non amatir, Divisi tiga untuk pemain amatir. Selain itu PSSI juga mengembangkan permainan sepak bola wanita dan sepak bola dengan umur tertentu di antaranya U-15, U-17, U-19, U-21, U-23.

Kejuaraan Internasional.

Kejuaraan internasional sepak bola adalah piala dunia yang diadakan empat tahun sekali oleh Federation Internationale de Football Asosiation piala dunia dimulai pertama kali di Uruguay tahun 1930. Pencetusnya adalah Jules Rimet seorang pengacara dan pengusaha di Perancis yang terinspirasi olimpiade Paris tahun 1924.

Kompetisi tertua di dunia adalah Copa Amerika yang mempertandingka tim-tim wilayah Amerika Selatan setiap dua tahu sekali, copa Amerika mengadakan pertandingan  pertamanya pada tahun 1916 yang diikuti oleh 10 negara yang akhirnya membentuk The South American Football Confederation (Conmebal ) dan The Confedaration of North, Central American and Carebbean Association Football (CONCACAF) yang menyelenggarakan kompetisi setiap empat tahun sekali yang disebut piala emas CONCACAF. 

Tahun 1956 diadakan kompetisi internasional tingkat Asia pertama yaitu Asian Football Confederation (AFC), tahun 1957 di wilayah Afrika dilakukan kompetisi Piala Afrika yang dilaksanakan di Khartoum. Tahu 1960 kompetisi tingkat regional eropa diadakan yaitu European Nations Cup yang kemudian disebut UEFA European Campionsip (piala Eropa atau Euro), dan tahu 1996 diwilayah Osenia diadakan kompetisi Nasional setiap dua tahun sekali.


Itulah sedikit pembahasan tentang Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia semoga informasi ini bermainfaat untuk kita semuanya dan untuk bangsa negara, okelah see you and assalamualakum wr. wb. Thanks you