Sejarah dan Pengertian Tenis Meja atau PingPong

Pengertian dan Sejarah Tenis Meja atau PingPong - Salam Pramuka !!! kali ini kami akan mengupas mengenai Tenis Meja atau biasa dikenal dengan nama PingPong, kami tidak akan mengupas banyak banyak karena kami hanya akan mengupas mengenai sejarah dan pengertiannya saja jadi silahkan menunggu untuk materi teknik dan aturannya diblog kami atau bisa juga anda mencarinya di google oke.

Tenis meja atau Ping Pong adalah olahraga yang dimainkan oleh regu tunggal (satu orang) ataau regu ganda (dua orang) yang berlawanan. Di Negara Repubilk Rakyat Tiongkok nama resmi permainan ini adalah Piong Pong. Permainan ini dimainkan menggunakan raket kayu yang dilapisi karet dan biasanya disebut bet, sebuah bola ping pong dan lapangan yang berbentuk meja. 
Pengertian dan Sejarah Tenis Meja atau PingPong
Pengertian dan Sejarah Tenis Meja atau PingPong
Induk olahraga tenis meja di Indonesia adalah PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) dan induk internasionalnya ITTF (International Table Tennis Federation) yang anggotanya mencapai  217  negara dan PTMSI tercatat sebagai anggota sejak tahun 1961.

Sejarah Permainan Tenis


Tenis meja dibuat di Inggris yang dimainkan oleh kalangan kelas atas atau bangsawan yang dilakukan di dalam gedung (indoor) dan dimainkan setelah makan malam. Tenis meja memiliki babarapa nama salah satunya “whiff-whaff” permainannya dikembangkan oleh tentara Inggris di India atau Afrika Selatan namun kemudian dibawa kembali ke Inggris. Sebaris buku disusun di atas meja dimana dua buku digunakan untuk memukul bola golf. Nama Ping Pong sudah menjadi sebutan di berbagai Negara sebelum J Jaques dan Son Ltd menjadikannya sebagai merek dagang pada tahu 1901. 
Pengertian dan Sejarah Tenis Meja atau PingPong
Pengertian dan Sejarah Tenis Meja atau PingPong
Kemudian nama  ping pong lebih digunakan untuk menyebut permainan yang menggunakan peralatan Jaques dan perusahaan lainnya menyebutnya tenis meja. Situasi yang sama juga terjadi di Amerika Serikat dimana jaques menjual hak nama ping pong kepada Parker Broder yang kemudian pada tahun 1920 dijadikan merek dagang oleh Parker Broder, yang membuat perusahaan lainnya menganti nama “ tenis meja “ dari pada menggunakan nama yang sudah umum namun dengan merek dagang.

Inovasi besar lainnya muncul ketika James W. Gibb menemukan bola seluloid pada perjalanan menuju Amerika pada tahun 1901 dan menurutnya cocok untuk permainan tenis meja pada tahun yang sama E.C Goode juga menemukan raket versi modern dengan lapisan karet yang diberi bintik ke kayu yang sudah halus. Pada tahun 1900 permainan Tenis meja dilarang di Negara Rusia kerena mengakibatkan berkurangnya pengihatan pemain.

Tenis meja mulai terkenal sejak tahun 1901 karena turnamen pertama yang dibuat, buku tentang tenis meja, dan kejuaraan tidak resmi pada tahun 1902.

Pada tahun 1921 organisasi TTA (Table Tennis Association) dibuat di Inggris kemudian disusul ITTF (International Table Tennis Federation) pada tahun 1926. London menjadi tuan rumah pertama dalam kejuaraan dunia tenis meja pada tahun 1926.

Tahun 1930 Edgar Snow berkomentar bahwa pihak komunis di Perang Saudara China ingin memainkan tenis meja Inggris yang menurutnya ganjil.

Tahun 1950-an raket yang dilapisi karet ditambahi dengan lapisan spons yang mengubah permainan secara drastic, mempercepat perputaran bola alat ini dikenalkan oleh perusahaan alat olahraga inggris S.W Hancock Ltd penggunaan lem cepat menghasilkan kecepatan dan putaran lebih jauh yang menyebabkan perubahan untuk menurunkan kecepatan permainannya. Tenis meja dimainkan pada cabang olimpiade pada tahun 1988. 

Sementara ini kami hanya menyajikan mengenai Pengertian dan Sejarah Tenis meja atau PingPong jadi untuk lebih lengkapnya silahkan kembali lagi untuk mendapatkan update terbaru dari kami. Silahkan kembali lagi esok hari oke, Salam Pramuka and Assalamualaikum.