Awal Mula Terbentuknya VOC di Indonesia Lengkap

Awal TerbentuknyaVOC – VOC merupakan sebuah organisasi yang ada pada masa pergerakan perjuangan indonesia. Mereka muncul dengan tujuan mengambil rempah rempah dari pribumi, dengan adanya hal tersebut VOC dibentuk untuk mengendalikan kongsi dagang yang ada di indonesia.
Awal Munculnya VOC

Salah satu tujuan orang Eropa menjelajahi samudra menuju tanah yang kaya dengan rempah-rempah adalah mencari kekayaan dan mendapatkan keuntungan dari perdagangan rempah-rempah. Orang-orang barat saling berinteraksi dan bersiang untuk mendapatkan keuntungan, persaingan itu tidak hanya antar kongsi dagang dan antar kelompok tetapi sampai antar satu bangsa dengan bangsa lain juga saling bersaing untuk mendapatkan keuntungan.
Awal Terbentuknya VOC
Awal Terbentuknya VOC
Keberhasilan ekspedisi Belanda dalam melakukan perdagangan rempah-rempah mendorong penguasa dan pedagang Belanda lainnya datang ke Indonesia. Yang berakibat terjadi persaingan antara pedagang belanda. Setiap pedagang menginginkan keuntungan yang besar. Hal tersebut mendapat perhatian dari perlamen dan pemerintah Belanda karena persaingan antara pedagang belanda akan menimbulkan kerugian pemerintah Belanda.

Untuk mencegah persaingan pemerintah dan parlemen (Staten Generaal) pada tahun 1598 mengusulkan agar antar kongsi dagang Belanda membentuk kongsi dagang yang lebih besar. Usul itu baru terealisasi empat tahun kemudian yaitu pada 20 Maret 1062 secara resmi dibentuknya persekutuan kongsi dagang Belanda yang ada di Indonesia sebagai penggabungan antara kongsi yang ada. Kongsi dagang itu disebut Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) atau “Perserikatan Maskapai Perdagangan Hindia Timur”.

Secara resmi VOC didirikan di Amsterdam dan dipimpin oleh sebuah dewan yang beranggota tujuh belas orang atau disebut “Dewan Tujuh Belas” (de Heeren XVII) dewan ini terdiri dari perwakilan kota.

Tujuan dibentuknya VOC adalah menghindari persaingan antara pedagang Belanda sehingga bisa menghasilkan keuntunganyang maksimal, memperkuat posisi diantara bangsa-bagsa lain di Eropa maupun bangsa Asia lainnya, dan membantu pemerintah Belanda yang sedang perang melawan Spanyol.
Awal Terbentuknya VOC
Awal Terbentuknya VOC
Untuk menjalankan tugasnya VOC oleh pemerintah Belanda diberi hak-hak istimewa atau hak oktroi, antara lain:
a.       Hak untuk melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah.
b.      Hak untuk memerintah wilayah yang diduduki.
c.       Hak untuk mencetak uang.
d.      Hak untuk melakukan perdagangan dengan raja-raja di Indonesia.
e.       Hak untuk membantu keuangan pemerintah Belanda.
f.       Hak melakukan peperangan.

Dengan adanya hak oktroi ini VOC cenderung ekspansif. VOC mulai memperluas wilayahnya dan memonopoli perdagangan. VOC menganggap bengsa Eropa lainnya sebagai musuhnya. Pada tahun 1605 VOC memulai tindakan ekspansifnya dengan mengusir portugis dari Ambon dan berhasil menduduki benteng Portugis yang kemudian diberi nama benteng Victoria.

Pada awal perkembangannya sampai tahun 1610 secara langsung dewan tujuh belas harus menjalankan tugas-tugasnya dan harus menyelesaikan urusan-urusan VOC. Dewan Tujuh belas berada di Amsterdan dan mengurus Nusantara hal ini mengakibatkan kerja Dewan Tujuh Belas kurang efektif dan cepat. Oleh karena itu, secara kelembagaan dibentuklah jabatan baru yaitu Dewan Gubernur. Dewan Gubernur merupakan jabatan tertinggi. selain Dewan Gubernur dibentuk juga Dewan Hindia (read van indie) yang bertugas mengawasi dan memberi nasehat kepada dewan gubernur.

Dewan gubernur pertama adalah Pieter Both (1610-1614) sebagai Dewan Gubernur pertama Pieter Both harus menata kongsi dagang Belanda tahun 1610 didirikan pos perdagangan di Banten kemudian Pieter Both pindah ke Jayakarta pada saat itu Jayakarta diperintah oleh Pangeran Wijayakarma yang terbuka, siapa saja boleh berdagang ke Jayakarta pada saat itu pelabuhan Sunda Kelapa menjadi pelabuhan yang ramai.

Pada tahun 1611 Pieter Both mengadakan perjanjian dengan penguasa jayakarta untuk membeli tanah seluas 50 × 50 vedem ( satu vedem = 182 cm ) di timur sungai ciliwung. Kemudian tanah itu menjadi cikal bakal kota Batavia. Selain itu Pieter Both juga berhasil mendirikan pos perdagangan di Ambon dan menanamkan pengaruhnya di Maluku.

Mungkin itu saja yang kami bisa berikan kepada anda mengenai Pengertian VOC untuk lebih lengkapnya kami mohon perhatian anda untuk mengomentari artikel kami. Jika ada yang ingin bertanya silahkan komentar di kolom yang sudah kami sediakan dibawah okelah, Salam Pramuka and Assalamualaikum.