Game Anak Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak untuk melatih konsentrasi dan kejujuran

Game anak Pramuka, itu memang sedikit banyaknya aneh namun asyik untuk dimainkan, ya mungkin disebabkan oleh adanya sesuatu yang mereka percayai akan membuat sebuah kesenangan tersendiri saat memainkan Game Pramuka itu sendiri baik itu Game Pramuka Siaga, Pramuka Penegak, Pramuka Penggalang. Menurut kami itu semua sama saja karena pada dasarnya game yang dimainkan itu sama.

Sebenarnya ada pembedanya antara game siaga sampai penegak, dan yang membedakan itu adalah pada bagian tingkat kesulitan game itu sendiri. Nah sekaran kami akan kasih satu Contoh Game Pramuka Siaga sampai Penegak yang masih sama cara melakukannya dan berbeda tingkatannya itu saja. Game ini bernama temukan anggotamu atau lainnya terserah anda mau dinamai apa.

Game Anak Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak untuk melatih konsentrasi dan kejujuran
Game Anak Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak untuk melatih konsentrasi dan kejujuran

Alat dan Bahan untuk melakukan Game 

  • Kertas dan pulpen yang dibuat untuk menulis nama hewan atau semacamnya yang memiliki suara (biasannya nama hewan)
  • Tutup mata, dapat memakai Kacu Leher atau hasduk
  • Lapangan atau tempat yang cukup luas untuk berlarian atau berjalan jalan.

Cara Melakukan Game Temukan Anggotamu

  1. Tulis dalam kertas tersebut beberapa nama binatang dengan jumlah tertentu, cara baginya begini : jika ada 20 orang kalau menurut kami dibagi menjadi 3 atau 4 lalu membuat sobekan kertas yang sama dengan jumlah anak itu tadi lalu jadikan 3 atau 4 bisa lebih. masing masing tulis nama hewan sesuai dengan jumlah anaknya tadi misal (kucing=8 domba=9 anjing=8)
  2. Lalu berikan kepada anak yang bermain game tadi satu per satu.
  3. Setelah semua mendapat harus dilihat dan dibaca namun tidak boleh memberi tahukan kepada yang lain apa yang terdapat dalam tulisan tersebut.
  4. kalau sudah dibaca peserta disuruh menutup matanya dengan menggunakan penutup yang sudah disediakan pada bahan tadi.
  5. peseta disebarkan ke beberapa sudut lapangan dan tidak boleh ada yang bersandingan atau keluar dari aturan masing masing.
  6. Sekarang waktunya untuk mencari anggotanya dengan cara membunyikan suara dari tulisan yang ada didalam kertas yang sudah diberikan tadi.
  7. untuk pemenang ditentukan oleh kecepatan dari setiap tim yang berkumpul paling cepat.
  8. selesai.
Game ini sama seperti Game Pramuka lainnya yakni memiliki tujuan yang baik dan juga memiliki manfaat besar pula dalamkeseharian terutama dalam bab kejujuran dari anak didik kita masing masing. lalu untuk memuaskan hasrat dari pemain sebaiknya anda para pembina memberikan lapangan yang cukup luas untuk mereka dan penutup mata yang benar benar ampuh.