Definisi Kelompok Sosial Lengkap pelajaran Sosiologi

Definisi Kelompok Sosial – Nah sekarang kita akan mempelajari beberapa hal yang membuat kita akan semakin maju lagi dalam hal Sosiologi. Mungkin memang sangat berbeda dengan materi lain namun ini masih masuk kedalam materi pramuka hehehe. Oke lah sekarang kita akan membahas mengenai Kelompok Sosial.

Dalam menghadapi alam sekitar, manusia haruslah hidup berkawan dengan manusia lainnya dan pergaulan tersebt akan mendatangkan kepuasan bagi jiwanya. Misalnya manusia hidup sendirian, misalnya dalam keadaan terkurung didalam sebuah ruangan yang tertutup sehingga dia tidak dapat mendengarkan suara orang lain atau tidak dapat melihat orang lain, akan terjadi gangguan pada perkembanyan jiwanya.
Sosiologi Definisi Kelompok Sosial
Sosiologi Definisi Kelompok Sosial
Naluri manusia untuk hidup dengan orang lain itu disebut dengan naluri gregariousness. Soerjono soekanto mengatakan bahwa sejak manusia dilahirkan mereka memiliki 2 hasrat atau biasa dikenal dengan keinginan, pertama adalah keinginan untuk menjadi satu dengan manusia yang lain di sekitarnya. Kedua, keinginan untuk menjadi satu dengan suasana alam disekelilingnya.

Dengan demikian manusia menggunakan pikiran, perasaan, dan kehendak untuk dapat menghadapi serta menyesuaikan diri dengan masyarakat dan suasana alam disekitarny, misalnya agar badan sehat, manusia harus makan secara teratur. Maka ia akan mengambil makan dari alam sekitar untuk memenuhi kebutuhan lapparnya.

Manusia disebut juga dengan sebutan zoon politycon atau manusia selalu hidup berkelompok. Sebagai mahluk sosial manusia akan selalu hidupp dalam kelompok – kelompok tertentu. Hal ini dilakukan karena adanya kenyataan bahwa manusia selalu berupaya untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya akan lebih produktif jika hidup berkelompok.
Robert K Merton
Robert K Merton

Berikut ini adalah beberapa definisi kelompok sosial yang dikemukakan oleh beberapa tokoh ahli :

Soerjono soekanto
Menurutnya kelompok sosial ialah himpunan atau kesatuan - kesatuan manusia yang hidup bersama karena adanya hubungan diantara mereka secara timbal balik dan saling mempengaruhi.
Hendro puspito
Ia mengatakan bahwa kelompok sosial adalah suatu kelompok nyata, teratur, dan tetap dari individu yang melaksanakan peran perannya secara berkaitan guana mencapai tujuan bersama.
Mac iver dan charles H page
Mereka mengemukakan bahwa kelompok sosial adalah himpunan atau satu kesatuan yang hidup bersama karena adanya interaksi antara mereka.
Mayor Polak
Ia mengatakan bahwa kelompok sosial adalah sejumlah orang yang saling berhubungan dalam sebuah struktur.
Robert K Merton
Menurutnya yang dimaksud dengan kelompok sosial adalah sejumlah orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola yang telah mapan.
Mac Iver
Mac Iver
Berdasarkan beberapa dedinisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa kelompok sosial adalah sekumpulan manusia yang mempunyai ciri ciri yang sama, mempunyai pola interaksi yang yang terorganisasi secara berulang ulang, dan mempunyai kesadaran bersama akan anggotanya. Adapun definisi Kelompok Sosial secara sosiologis adalah suatu kumpulan dari individu individu yang saling berinteraksi sehingga menumbuhkan perasaan bersama.

Dalam Oxford Dictionary 2nd Edition, disebutkan bahwa secara umum kelompok sosial adalah sejumlah individu yang dimaknai dengan kriteria keanggotaan secara formal maupun informal, yang memiliki kesadaran bersama dan dipersatukan oleh pola interaksi yang relatif stabil.

Nah itulah sedikit tambahan pengetahuan dari kami untuk lebih banyak informasi lagi terus kunjungi blog kami sehingga anda akan mendapatkan update terbaru dari kami. Jika anda berkenan silahkan submit email anda di kolom yang kami sedian untuk berlangganan.