“TKK (Tanda Kecakapan Khusus) Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak Paling Lengkap dan singkat”

“TKK (Tanda Kecakapan Khusus) Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak” – Hallo semua sekarang kami kembali dengan membawa materi mengenai Tanda Kecakapan Khusus atau biasa disebut dengan TKK oleh kawan kawan semua. Untuk pembukaan kita akan membahas mengenai pengertian dari TKK sendiri didalam Kepramukaan.

TKK (Tanda Kecakapan Khusus) adalah sesuatu yang didapatkan setelah menempuh ujian di SKK yang menunjukan kecakapan, kepandaian, kemahiran, keterampilan, dan ketangkasan seorang anggota pramuka dibidang tertentu. Misalnya kalau didalam Siaga seperti, menabung, beribadah, berternak, dan lain sebagainya. Itu adalah sedikit contoh dari SKK (Syarat kecakapan Khusus) yang harus dipenuhi untuk memperoleh TKK.

Selain itu TKK juga harus berlandaskan kemampuan umum yang ditentukan atas dasar SKU yang dimiliki seorang pramuka sesuai dengan bakat dan minatnya, dan diperoleh melalui proses pendidikan, maupun melalui proces ujian tertentu. 
TKK (Tanda Kecakapan Khusus) Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega
TKK (Tanda Kecakapan Khusus) Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega

Mengapa Menggunakan TKK (Tanda Kecakapan Khusus) ?


  1. 1.      TKK merupakan salah satu cara penerapan system tanda kecakapan yang sesuai dengan prinsip prinsip pendidikan kepramukaan menurut AD dan ART kepramukaan.

  1. 2.      TKK sebagai alat pendidikan merupakan sebuah rangsangan dan motivasi diri bagi para pramuka untuk memperoleh kecakapan dan keterampilan.

  1. 3.      Dengan TKK para anggota gerakan pramuka di didik untuk menghargai dirinya, usahanya, jerih payahnya, dan menghargai orang lain dengan segala usaha dan hasil karyanya.

  1. 4.      Keinginan untuk dihargai baik berupa pujian, pemberian benda karena sesuatu hasil karya, prestasi, kemahiran. Penghargaan itu akan merupakan rangsangan dan dorongan bagi seorang untuk lebih giat berusaha dan bekerja. Merupakan kebanggaan dan nilai pendidikan yang tinggi yang telah ia raih.

Jadi TKK adalah sebuah alat pendidikan bagi setiap anggota pramuka untuk menjadi lebih percaya diri untuk menempuh tingkatan atau hasil yang lebih tinggi lagi sehingga semangat mereka akan selalu tumbuh dan berkembang.

Macam – Macam penggolongan TKK :


  • 1.      Warna dasar kuning menunjukan bidang agama, mental, moral, spiritual, dan pembentukan pribadi dan watak.

  • 2.      Warda dasar Merah, menggambarkan bidang patriotisme dan seni budaya.

  • 3.      Warna dasar Hijau, menggambarkan bidang pembangunan dan teknik keterampilan.

  • 4.      Warna dasar Putih, penggamabaran bidang kesehatan dan ketangkasan.

  • 5.      Warna dasar Biru, sebagai wujud penggambaran bidang sosial, perdamaian dunia, dan lingkungan hidup, ketertiban masyarakat, gotong royong, dan peri kemanusiaan.

Macam macam TKK tidak dapat dibatasi jumlahnya mengingat kemampuan dan keperlan masyarakat setempat serta keadaan, kemampuan, keperluan, sifat, dan minat serta bakat para peserta didik.

Tingkatan TKK sebagai berikut :


  1. 1.      Siaga

a.       Hanya memiliki satu tingkat dan hanya berbentuk segitiga dengan ukuran panjang 3cm dan tinggi 2cm tidak berbingkai dan puncaknya berada dibawah.

  1. 2.      Penggalang dan penegak

Kedua tingkatan ini mempunyai jenis dan tingkatan TKK yang sama, yang membedakan hanyalah dari warna bingkainya, golongan penggalang mempunyai warna bingkai merah sedangkan golongan penegakmempunyai warna bingkai kuning
a.       Tingkatan pertama disebut dengan purwa, bentuknya lingkaran dengan berdiameter 2,5 cm dan dikelilingi dengan bingkai 2 mm.
b.      Kedua disebut dengan madya, , bentuknya bujur sangkar dengan sisi selebar 2,5 cm lalu dikelilingi bingkai 2 mm.
c.       Yang ketiga disebut utama berbentuk segi lima beraturan dengan panjang sisi 2,5 cm lalu dikelilingi bingkai 2 mm.
Untuk tingkatan pandega sama dengan penegak.

Dibawah ini kami menyediakan cintoh dari golongan masing-masing :
TKK Wajib Pramuka Penegak dan Pandega
TKK Wajib Pramuka Penegak dan Pandega

TKK Wajib Pramuka Penggalang
TKK Wajib Pramuka Penggalang
Sekian materi tentang “TKK (Tanda Kecakapan Khusus) Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak” jika ada yang perlu ditanyakan silahkan komen dibawah. Cukup itu dari kami sekian dan terimakasih, jumpa lagi di materi selanjutnya !.


1 komentar so far

TKK (Tanda Kecakapan Khusus) Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega