Mengenal Sosiologi dengan berbagai cara dari beberapa tokoh terkemuka

Mengenal Sosiologi – Karena sebelum ini kita sudah memahami apa itu sosiologi, walaupun Cuma sedikit pengenalan saja tetapi itu sebenarnya kalau kalian paham berarti kalian sudah sedikit mengenal apa itu sosiologi. Nah sekarang kita akan membahhas mengenai “Mengenal Sosiologi”, mengenai hal ini sebenarnya itu difungsikan agar kita dapat memahami sebuah gejala – gejal sosial yang terjadi di masyarakat tentunya disekitar ingkungan kita, maka dari itu kita membutuhkan ilmu disiplin Sosiologi. Pritirim A. Sorokin mengatakan bahwa sosiologi itu mempelajari tiga aspek penting yaitu.

Pertama, mempelajari tentang adanya hubungan timbal balik yang dilakukan oleh aneka macam gejala sosia, misal gerak gejala antara ekonomi dengan agama, politik dengan sosial, keluarga dengan moralitas, hukum dengan ekonomi, dan masih banyak lagi yang lainya. Kedua, mempelajari tentang hubungan pengaruh timbal balik yang dilakukan oleh dua gejala yakni gejala sosial dengan gejala nonsosial, misal gejala geografis dengan gejala biologis. Ketiga, mempelajari tentang sebuah ciri ciri umum dari semua jenis gejala sosial.

Mengenal Sosiology Lebih Lanjut
Mengenal Sosiology Lebih Lanjut
Pertama kalainya istilah sosilogi ini dikemukakan dan digunakan oleh filosof terkenal asal prancis yang bernama Auguste Marie Francois Savier Comte, dan sampai sekarang lebih dikenal dengan nama Auguste Comte. Ia mengambil kata ini bukan tidak bermaksud dan tidak berarti namun kata SOSIOLOGI ini memiliki sebuah etimologi tersendiri. Secara kebahasaan atau Etimologi Sosiologi berasal dari kata Socius dan Logos. Untuk kata Socius sendiri berarti teman, kawan, keluarga, atau bisa juga diartikan pergaulan antara manusia dengan masyarakat.

Sedangkan kata Logos berarti sebuah interaksi, percakapan, berbicara, dan ilmu. Jadi kalau kedua kata itu digabung dan membuat kata sosiologi itu bisa berarti hubungan antar manusia atau teman dan lainya yang melibatkan sebuah pembicaraan atau interaksi sosial. Secara harfiah yang dimaksud hubungan antar teman itu sendiri berarti hubungan dengan semua orang tak terkecuali baik itu kawan, lawan, orang baru, tak dikenal dan masih banyak lagi yang lainya. Dan semua itu mempelajari tentang cara berinteraksi dengan masyarakat luas.

Pengenalan Sosiology
Pengenalan Sosiology

Berbeda menurut etimologi berbeda dan sama juga menurut para pakar sosiologi berikut ini :
·         Hasan Ashadily mengatakan bahwa sosiologi mempelajari mengenai ilmu yang mempelajari tentang cara hidup bersama orang lain dalam masyarakat, menyelidiki ikatan ikatan antara manusia yang menguasai kehidupan dengan mencoba mengerti apa itu artinya sebuah maksud dari hidup bersama. Yang meliputi perubahanya, perserikanya, ikatan hidupnya, keyakinan, kepercayaan dan lainya mengenai sesama.

·         Max Waber : mengatakan bawha sosiologi itu adalah ilmu yang berupaya mempelajari tindakan tindakan sosial.
·         Menurut Paul B. Horton beda lagi menurutnya sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada hidup suatu kelompok dan produk kehidupan apa saja yang ada dikelompok tersebut.
·         Menurut Piter L. Berger, sosiologi itu merupakan ilmu yang khusus mempelajari mengenai individu dengan individu, kelompok dengan individu, dan kelompok dengan kelompok.

·         Menurut Soerjono Soekanto juga beda lagi menurutnya sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatinya kepada segi segi kemasyarakatan yang besifat umum dan berusaha untuk mendapatkan suatu nilai yang ada didalam pola umum dalam masyarakat tersebut.
·         Menurut Selo Soemarjan, Dan Soeleiman Soemardji, sosiologi diartikan sebagai ilmu kemasyarakaan yang mempelajari tentang strukture sosial dan proces sosial termasuk juga didalamnya perubahan sosial.
Aguste Comte
Aguste Comte
      Dan selanjutnya Menurut William F. Ogburn Dan Mayer F Nimkoff, sosiologi adalah sebuah penelitian ilmiyah, terhadap sebuah interaksi sosial yang menghasilkan sebuah organisai sosial.
Dari beberapa uraian dari beberapa tokoh diatas kita dapat menarik sebuah kesimpilan bahwa sosiologi itu adalah sebuah ilmu yang mengkaji mengenai interaksi manusia dengan manusa lain, baik itu dalam kelompok maupun dalam individu seperti halnya dalam sebuah keluarga, kelas sosial, atau sebuah masyarakat, dan sebuah hal yang ditimbulkan dari interaksi tersebut adalah disebut dengan nilai norma, kesusilaan dan masih banyak lagi nilai nilai yang lainya yang bisa kita ambil dari situ. Nah untuk pengenalan sosiologi menurut kami sudah usai tinggal mendalami saja.

Untuk mendalami kalian perlu tahu apa itu Ciri Ciri Sosiologi, object kajian sosiologi, sifat hakikat sosiologi dan masih banyak lagi kajian yang harus kita bahas maka dari itu tetap tunggu update materi dari materi anak pramuka ini dan selalu datang walau hanya untuk melihat lihat saja karena kedatangan anda adalah sebuah kehormatan bagi kami. Cukup sekian untuk materi tentang Mengenal Sosiologi dan sampai jumpa lagi.