"SEJARAH PRAMUKA" !!! sejarah pramuka dunia lengkap terpercaya

"Sejarah pramuka dunia" - salam pramuka !!  gimana kabarnya?, kali ini MAETERI ANAK PRAMUKA akan mencoba mengulas mengenai sejarah pramuka dunia sesingkat mungkin. Bagi semua anak pramuka pastinya wajib mengetahui mengenai sejarah pramuka di negara asal, dan pramuka dunia. Karena semua anak pramuka wajib mengetahui mengenai itu semua maka dari itu kami akan mengulas secara singkat mengenai sejarah pramuka dunia terlebih dahulu kepada kalian silahkan menyimak penjelasan dari kami.
 "Sejarah pramuka dunia", Gerakan Kepramukaan dunia adalah suatu gagasan yang dipelopori oleh seorang pensiunan tantara Inggris dengan pangkat terakhir sebagai letnan jedral namanya adalah Boden Powel. Sebenarnya, nama aslinya bukankanlah boden powel tetapi adalah Robert Stephenson Smith, banyak juga orang memenggilnya dengan sebutan Lord Boden Powel.
Boden Powel. 
Nama Boden sebenarnya adalah nama dari ayahnya, beliau bekerja sebagai dosen di universitas Oxford London di fakutas Geometri dengan gelar profesor. Stephe nama akrab panggilan  Robert Stephenson Smith mulai menggunakan nama Boden Powel semenjak ayah nya meninggal saat ia masih berusia tiga tahun dan nama inilah yang menjadi identitasnya setelah ayahnya meninggalkan nya untuk selamanya.

Gerakan kepanduan adalah gerakan pembinaan pemuda yang memiliki pengaruh mendunia. Gerakan kepanduan terdiri dari bebagai organisasi kepemuda’an baik laki- laki maupun perempuan dengan tujuan untuk melatih fisik mental dan spiritual para pesertanya. Tujuan itu dicapai dengan menekankan kepada pengajaran terhadap anggota melalui program latihan dan pendidikan non formal.

Pada masa sekarang organisasi kepanduan mencapai angka yang sangat fantastis bisa dibilang organisasi saat ini telah mencapai angka 38.000.000 anggota dari ± 217 negara didunia. Gerakan ini dimulai pada tahun 1907 yang dipelopori oleh boden powel. Bahkan beberapa pengalaman hidupnya mempengaruhi dan diadaptasi dalam kegiatan kepanduan miliknya. Misalnya saja diorganisasi menerapkan kasih sayang yang diambil dari kasih sayang yang dilakukan oleh ibunya. Beliau pensiun dari tentara pada tahun 1910 dan menikah dengan Ny. Ovale St. Clair Soames ditahun 1912.

Hal lainya bisa dibilang cukup kongkrit seperti cara bertahan hidup, mencari makan, berpetualang, dan masih banyak lainya pengalaman yang diterapkan dalam organisasi kepanduan itu. Salah satu pengalaman beliau adalah ia pernah diminta oleh william smith seorang peminpin dari boys brigade untuk mempin latihan kurang lebih 20 anggota Booys Brigade (mereka barasal dari berbagai penjuru britania raya) selama tujuh hari di pilau Brown Sea sesuai dari pengalaman beliau .

Buku pertama tulisan Boden Powel merupakan buku dengan judul ­‘’aids to scouting’’ isi dari buku ini sebenarnya adalah menajarkan kepada tentara Inggris bagaimana cara menjadi penyidik yang baik dan buku ini bersumberdari pengalaman pengalaman beliau diatas tadi. Buku selanjutya yang dikeluarkan oleh Boden Powel adalah –scouting for boys- sesuai dengan namanya buku ini menerangkan tentang kepramukaan untuk anak laki laki buku ini diluncurkan tahun 1908 dan langsug tersebar di berbagai negara sekitar Britania Raya. Tak berselang lama orgnisasi kepramukaan untuk anak laki laki berdiri dengan nama Boy Scout.

Organisasi kepramukaan lainnya antara lain:

Girl Guides,  adalah organisasi kepramukaan untuk anak permpuan, ini didirikan oleh Boden Powel atas banuan dari adiknya Agnes,  kemudian organisasi ini dilanjutkan oleh istri Boden Powel Ny. Ovale St. Clair Soames.

Cub dengan diluncurkannya buku –The junggle Book- karangan Rudyard Kipling merupakan buku tentang  tata cara pelaksanaan kegiatan Cub

Rover Scout atau di Indonesia dinamakan Pramuka tingkat Penegak didirikan oleh Boden Powel untuk mereka usia 17 tahun didirikan pada tahu 1918

Ditahun 1922 beliau kembali menerbitkan buku lagi yaitu Rovering To Success artinya Mengembara Menuju Bahagia. Isinya menceritakan seorang pemuda yang mengarungi lautan mengayuh perahunya demi menuju kepulau kebahagiaan.

Jambore pertama diselenggarakan di kota OlympiaHall pada tahun 1920, beliau mengundang ± dua puluh tujuh gerakan pramuka dari berbagai negara didunia, pada saat itu pula beliau diangkat sebagai Bapak Pandu Pramuka Dunia atau Chief Scout Of The Word.  Sembilan tahun kemudian beliau dianugrahi gelar Lord oleh raja inggris waktu itu Raja George. Beliau wafat di kota Nyeri negara Kenya, Afrika tanggal 8 Januari 1941.

Sekian  dari kami nah mungkin setelah kalian baca terdapat salah kata atau iformasi mungkin juga kurang lengkap dalam artikel diatas mungkin juga kalian pengen kami bahas tentang materi materi pramuka lain. Nah oleh kerena itu silahkan kalian komen dibawah.

baca juga Tanda Kecakapan Khusus dan Wajib
Cukup sekian dari kami jumpa lagi di MATERI ANAK PRAMUKA selanjutnya. Byee!

1 komentar so far

keren infonya, sangat bermanfaat